Puluhan Makam Rampung Dipindahkan, Tim Panjatkan Doa dan Tahlil

468

MARTAPURA,- Menjadi bagian dari program Revitalisasi kawasan Sekumpul, Sabtu lalu dilakukan pengerjaan pemindahan makam di belakang Panti Werdha Kelurahan Sekumpul Martapura dipindahkan ke alkah 1 Desa Tungkaran. Sebanyak 59 makam dewasa ditambah 1 bayi dipindahkan dengan target pengerjaan 5 sampai 10 hari, namun dengan kesigapan dan didukung keseriusan dalam pengerjaanya mampu dilakukan selama 3 hari.

Pembacaan doa dan tahlil di alkah Tungkaran digelar Selasa ( 25/05 ) pagi, dihadiri Bupati Banjar yang diwakili oleh Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Irwan Jaya, Lurah Sekumpul Marhusin, Perwakilan dari Polres Banjar, Polsek Martapura Kota, Koramil dan unsur Kecamatan Martapura serta hadir khusus Habib Syech Bahasyim dan tuan guru H.Abdullah Basyar yang memimpin pembacaan doa dan tahlil.

Terkait ada 8 mayat yang jasadnya masih utuh, Habib Syech Bahasyim memberikan keterangan bahwa ini merupakan petunjuk semasa hidupnya mengamalkan apa yang diperintahkan Allah SWT dengan keikhlasan, mempunyai hati yang bersih dan insyaallah menjadi ahli surga, demikian pula dengan keterangan ada satu mayat yang jasadnya mengeluarkan aroma wangi dan harum merupakan salah satu ciri bahwa semasa hidupnya selalu mendekatkan diri dan takwa kepada Allah SWT.

Habib Bahasyim menambahkan untuk prosesi pemindahan makam ini sudah sesuai dengan syariat Islam dan mendoakan seluruh kegiatan Revitalisasi Sekumpul nantinya bejalan lancar.

Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah berharap apa yang telah dilakukan Pemkab Banjar dalam pemindaham makam dapat memberikan manfaat, dan mengapresiasi pengerjaan yang mampu dikerjakan sebelum waktu yang ditergetkan, ini menandakan bahwa pengerjaan merupakan untuk kebaikan bersama.

Sementara Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Banjar Irwan Jaya mengatakan, kegiatan merupakan bagian dari penataan kawasan Sekumpul sebagai kawasan wisata religi.

“Kedepan jika ada warga Panti Werdha yang meninggal dunia maka akan langsung dimakamkan di alkah Tungkaran, terkait dana yang digunakan dalam pengerjaan pemindahan makam ini dari PUPR Banjar dengan alokasi dana 265 juta rupiah” jelas Irwan Jaya.

“Untuk revitalisasi kawasan Sekumpul ini hanya pemakaman belakang Panti Werdha yang dipindahkan dari perencanaan, dan   juga dilaksanakan rakor terkait Revitalisasi Sekumpul dengan instansi terkait yang mendukung kegiatan ini” tambah Irwan.

Pemindahan makam dari kawasan Sekumpul ke Tungkaran merupakan bagian dari perencanaana penataan kawasan Sekumpul segmen 1 yang dikerjakan mulai tahun ini.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar