Puluhan Petani Milenial Dapatkan Dana Hibah

294

MARTAPURA,- Sebanyak 38 warga Kabupaten Banjar menerima bantuan modal atau hibah melalui Kompetitif Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) Tahun 2022.

Bantuan hibah diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, dihalaman kantor Bupati Banjar, usai apel kerja gabungan, Senin (1/8/2022) pagi.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie mengatakan, program ini bertujuan untuk mengembangkan kewirausahaan dan ketenagakerjaan bagi generasi muda (generasi petani) di bidang pertanian.

Kepada penerima dana hibah Habib Idrus berpesan agar bisa mempertanggungjawabkan dengan membuat laporan pelaksanaan kegiatan.

“Saya berpesan kepada penerima dana hibah wajib mempertanggungjawabkan penggunaan dana hibah dengan membuat laporan pelaksanaan kegiatan dan keuangan beserta bukti penggunaan dana hibah disetiap tahap pencairan dana hibah,”pesan Habib Idrus.

Adapun perwakilan penerima dana hibah program YESS Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan adalah
Marini Hasni, nama usaha Dapur Marini, Komoditas Budidaya dan olahan bawang merah dari Desa Mataraman Kecamatan Mataraman dengan nominal 25 juta. Fahrudin, nama usaha Budidaya melati komoditas bunga melati dari Desa Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan dengan nominal 50 juta.  Anita Herawati Nama usaha Budidaya Itik Petelur komoditas Itik dari Desa Pematang Panjang Kecamatan Sungai Tabuk dengan nominal 21 juta 960 ribu.

Kemudian Muhtadi, nama usaha Borneo Magot Farm komoditas Maggot dari Kelurahan Keraton Martapura dengan nominal 10 juta. Leni Hariyani nama usaha Antasan Grapes komoditas pembibitan anggur dari Desa Antasan Senor Kecamatan Martapura Timur dengan nominal 10 juta. serta Khairullah nama usaha ternak bebek DOD komoditas Bebek dari Desa Salat Makmur Kecamatan Beruntung Baru dengan nominal 25 juta.

Marini Hasni, salah satu penerima hibah mengatakan, bantuan yang diberikan sangat membantu bagi petani kaum milenial.

“Alhamdulillah, Kami bersyukur dengan adanya program YESS mendapatkan bantuan, rencana bantuan yang diberikan ini untuk membeli alat dan bahan untuk melancarkan produksi, ” ungkap Marini.

Mariani mengaku omzet yang ia dapatkan pertahunnya 48 juta, dengan adanya bantuan tambahan modal, ia beharap bisa meningkat dua kali lipat.

Penyerahan hibah oleh Wabup Banjar juga didampingi Sekda Banjar HM Hilman, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Kepala Bappedalitbang Banjar dan Manajer PPIV YESS KalSel.

Reporter : Rifah
Editor : Ronny Lattar