Puluhan Rumah di Sungai Tabuk Hancur di Sapu Puting Beliung

321

MARTAPURA,- Hujan disertai angin kencang, Senin (28/02/2022) sore membuat puluhan rumah di Desa Pemakuan Laut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, porak poranda.

Warga setempat berusaha menyelamatkan diri keluar dari rumah dengan anggota keluarganya, karena takut akan robohnya rumah mereka.

Kepala Desa Pemakuan Laut, Hamdani mengatakan, peristiwa tersebut berlangsung sekitar pukul 16.40 WITA. Warga yang rumahnya hancur rakibat terjangan angin puting beliung, diungsikan ke rumah sanak keluarga dan tetangga, sambil menunggu datangnya bantuan.

“ Kami sudah menghubungi BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Banjar untuk meminta bantuan,” pungkasnya.

Masih di Kecamatan Sungai Tabuk, selain di Desa Pemakuan Laut, pada waktu bersamaan angin puting beliung juga menghancurkan puluhan rumah warga di Desa Keramat Sungai Tabuk, Desa Lok Buntar dan Sungai Bangkal

Gusti Yudi, Kasi Pemadaman, Penyelamatan dan Evakuasi pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar menyebut data sementara korban angin puting beliung, hingga Senin malam, dari data yang ia terima dari Reza relawan BPK Sekeluarga Gudang Hirang Sungai Tabuk menyebutkan, Desa Sungai Tabuk Keramat  8 rumah, Pemakuan Laut 34 rumah, Sungai Bangkal 10 rumah, serta Desa Lok Buntar 23 rumah, baik rusak berat, sedang maupun rusak ringan.

” Kita tunggu rillis BPBD esok untuk kepastian jumlah rumah warga yang rusak, dan berapa jiwa yang terdampak akibat musibah ini,”  ujarnya.

Reporter : Ronny
Editor : Ronny Lattar