Rapat Pimpinan KPU se Kalsel Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2020

473

MARTAPURA,- Dalam rangka koordinasi persiapan penyelenggaraan pilkada serentak lanjutan tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar rapat pimpinan dengan KPU Kabupaten/Kota se Kalsel, selama 2 (dua) hari, Kamis dan Jumat (17,18/09).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji dan dihadiri seluruh Komisioner dan  Pejabat KPU Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan.

Rakor ini sendiri membahas Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 secara keseluruhan.

Masing-masing peserta rakor diharuskan menyiapkan laporan kegiatan masing-masing divisi, Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) masing-masing Kabupaten/Kota dan Laporan Realisasi Anggaran Hibah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020 bulan Agustus.

Komisioner KPU Kabupaten Banjar, Abdul Muthalib atau biasa dipanggil Aziez mengungkapkan Seluruh Komisioner, Sekretaris hingga para KasubBag KPU Kabupaten/Kota hadir dalam kegiatan ini.

Salah satunya adalah Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM) yang berfokus membahas kesiapan pelaksanaan tahapan kampanye yang akan dimulai tanggal 26 september 2020 dan kegiatan sosialisasi.

“Selain itu dibahas pula pembahasan untuk Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye yang akan difasilitasi KPU Kab/Kota untuk para calon Kepala Daerah.” ujarnya.

KPU Kabupaten Banjar sendiri lanjutnya belum mempersiapkan fasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye dari KPU.

“Dalam waktu dekat KPU Banjar dan Kabupaten/ Kota lainnya akan mengadakan rapat koordinasi dengan paslon, parpol, bawaslu dan pihak terkait lainnya untuk menentukan langkah persiapan kampanye,” tambahnya.

Rakor dengan pembahasan kesiapan jelang Pilkada ini dibagi 6 kelas pembahasan, yakni Kelas A dengan pembahasan Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga dengan narasumber Ketua KPU Kalsel Sarmuji, membicarakan Persiapan Logistik Pemilihan. Sementara kelas B dengan pembahasan Teknis Penyelenggara dengan narasumber Komisioner KPU Kalsel, Hatmiati membicarakan Persiapan Rapat Pleno untuk Penetapan Pasangan Calon dan Persiapan Rapat Pleno untuk Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon.

Untuk kelas C yang membahas Hukum dan Pengawasan dengan narasumber Komisioner KPU Kalsel, Nur Zazin ini membicarakan Potensi Permasalahan Hukum Dalam Tahap Penetapan Pasangan Calon Dalam Pemilihan 2020.

Sedangkan untuk Kelas D tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & Sumber Daya Manusia dengan narasumber Komisioner KPU Kalsel, Edy Ariansyah membicarakan Fasilitas Alat Peraga Kampanye dan Bahan Kampanye, Pemetaan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye, dan Persiapan Deklarasi Kampanye Damai dan Sehat

Kelas E tentang Perencanaan, Data & Informasi dengan narasumber Komisioner KPU Kalsel, Siswandi Reya’an membicarakan Persiapan Uji Publik sekaligus Pola Penanganan masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DPS, Masukan dan Tanggapan DPS oleh Bawaslu, Perencanaan DPS menuju DPT, Potensi masalah yang dihadapi terkait Daftar Pemilih.

Terakhir Kelas F dengan narasumber Sekteraris KPU Kalsel, membahas Pertanggungjawaban Keuangan Anggaran Pemilihan Tahun 2020 dan Persiapan Distribusi Logistik.

Reporter : Ronny Lattar
Editor : Ronny Lattar