Berita

Sampah, Tanggung Jawab Bersama

MARTAPURA,- Persoalan sampah bukan hanya tanggung jawab sebuah kedinasan, melainkan tenggung jawab bersama, baik dari lingkungan terdekat sendiri maupun pada skala lingkungan yang lebih luas.

Demikian dikatakan Sa’dillah Staf Teknis Penanganan dan Pengangkutan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar di sesi program talkshow ” Bakisah ” ( bijak kelola sampah ) di Radio Suara Banjar, Kamis ( 23/12/21) sore.

Menurut Sa’dillah, selain itu masyarakat juga harus tahu jam operasional pengangkutan sampah oleh petugas kebersihan, agar sampah yang ditumpuk di pinggir jalan tidak terlalu lama berada di sisi jalan, karena bisa menganggu  pemandangan dan kesehatan lingkungan sekitarnya.

“Diakui, perlu terus ditingkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli kebersihan lingkungan terutama permasalahan sampah ini, edukasi juga sudah kami berikan terkait ini termasuk membiasakan masyarakat untuk tidak menggunakan kantongan plastik ketika berbelanja namun bisa diganti dengan membawa sendiri alternatif lain semisal bakul purun, tentu selain lebih peduli lingkungan juga mengangkat kearifan lokal” ujar Sa’dillah.

“Tak ada salahnya dalam hal ini pihak terkait yang bertugas mengawasi dan menegakan Perda tentang kebersihan ini untuk tak segan memberikan sanksi kepada siapa saja yang kedapatan sengaja menumpuk atau membuang sampah. Apalagi kita sudah punya Perda yang mengatur agar masyarakat lebih disiplin dan tercipta sebuah lingkungan dan kota yang bersih sesuai yang kita harapkan,” tegas Sa’dillah.

Perihal kerjasama dan kinerja Bank Sampah yang ada di Martapura, Sa’dillah mengatakan jika Bank Sampah Sekumpul layak menjadi contoh beberapa bank sampah lainnya. Jerih payah dan upaya Bank Sampah Sekumpul dinilainya sudah cukup membuahkan hasil. Apalagi sekarang Bank Sampah Sekumpul juga bermitra dengan beberapa pihak swasta.

Terakhir Sa,dillah berpesan kepada masyarakat untuk lebih peduli dalam pengelolaan sampah, lebih memperhatikan kebersihan lingkungan, jangan karena merasa ada petugas kebersihan lalu kita melalaikan permasalahan ini karena sampah merupakan masalah dan tanggung jawab kita bersama.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar

Terbaru

Ketua TP PKK Banjar Bagikan Sembako Untuk Petugas Kebersihan

Radio Suara Banjar

Tingkatkan Layanan Publik, DPMPTSP Banjar Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Ronny RSB

Peringatan Hari Guru Nasional di Kabupaten Banjar Lebih Spesial

Radio Suara Banjar