Tim Gabungan Tangani Karhutla Tiga Titik di Kecamatan Gambut  

39

GAMBUT,- Menggunakan 1 unit truk tangki dan 3 rol selang, tim gabungan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) lakukan pemadaman api yang terjadi di Desa Banyu Hirang Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, Sabtu (14/10/2023) siang.

Tim gabungan terdiri dari BPBD, TNI, Polri, RAPI, EBR, Tagana, PMI, BPK swasta dan sejumlah warga berhasil memadamkan api yang membakar semak belukar dan pepohonan.

Tidak ada kendala yang dihadapi tim gabungan dalam penanganan. Tim gabungan berhasil memadamkan api sekitar 2 hektare dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 4 hektare.

Di tempat berbeda, api juga membakar semak belukar dan pepohonan di sekitar Jalan Gubernur Syarkawi, Kencana Regency atau di belakang Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum, Kecamatan Gambut.


Api berkobar mendekati perumahan berbahan beton. Api persis berada disekitar rumah yang belum dihuni pemilik tersebut langsung ditangani oleh tim gabungan yang tiba dilokasi.

” Sambang Lihum, parak rumah,” ucap salah seorang warga, video amatir yang mengirimkan laporan karhutla berdurasi 15 detik.

Luasan lahan yang terbakar di lokasi ini sekitar 1 hektare dengan waktu penanganan oleh tim gabungan hampir 2 jam. Masih di Kecamatan Gambut sekitar Jalan Pemajatan, api juga membakar semak belukar. Api bisa dipadamkan setelah tim gabungan melakukan penanganan sekitar 50 menit. Sementara luasan lahan yang hangus sekitar 0,5 hektare.

Reporter : Andri
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra