Uji Aplikasi Si Damkar Manis

182

 

MARTAPURA,- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) bekerjasama dengan Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar lakukan uji Aplikasi Si Damkar Manis (Sistem Informasi Pemadam Kebakaran), di Command Center Martapura, Rabu (14/6/2023) pagi.

 

Aplikasi tersebut sebagai langkah pembukuan yang efisien, standar dan memberikan informasi kepada semua orang serta sebagai pemetaan lokasi kebakaran yang terinformasi dalam bentuk peta dengan Sistem Informasi Geografis yang akan mempermudah dalam mengetahui besaran serta lokasi daerah rawan bencana kebakaran.

 

Kabid Pencegahan DPKP Banjar Eddy Elminsyah Jaya menjelaskan, aplikasi Si Damkar Manis adalah aplikasi yang menampilkan peta wilayah manajemen kebakaran. Pada peta terlihat titik-titik kebakaran yang sudah terjadi di tahun 2023, nilai taksir kerugian masyarakat yang bisa dilihat secara online dan real time. Aplikasi juga memuat data-data hidrant di Kabupaten Banjar dan bisa diketahui yang masih berfungsi dan tidak atau hilang.

Dalam aplikasi lanjut Eddy juga terdapat data relawan kebakaran khususnya BPK swasta dan lokasi sebarannya.

 

“Diharapkan pengembangan aplikasi ini bisa semakin di upgrade dan mudah-mudahan masuk dalam ekosistem digital dalam rangka mendukung smart city yang dicanangkan oleh Pemkab Banjar dan pemangku kepentingan, pembuat kebijakan bisa melihat kerja kami pada aplikasi dan juga implementasi proteksi kota bisa lebih kami tingkatkan lagi,” harap Eddy.

 

Kabid Penyelenggaraan E-Government DKISP Banjar Cornelius Kristiyanto menjelaskan uji aplikasi ini adalah salah satu bentuk kolaborasi sebagai aparat pemerintah daerah untuk mewujudkan Kabupaten Banjar yang Manis dan cerdas.

 

“Ini adalah salah satu bentuk smart society yang dituangkan dari DPKP, bagaimana cara cepat mengatasi kebakaran jangan sampai masyarakat makin rugi dengan adanya bencana. Aplikasi ini tidak perlu di download cukup akses di web saja dan akan dikembangkan lagi berbasis android atau IOS ,” jelasnya.

Aplikasi Si Damkar Manis bisa di akses melalui Website ( https://sidamkar.banjarkab.go.id/ )

 

Reporter : Rif’ah

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra