Webinar Literasi Digital, Adaptasi di Situasi Pandemi Untuk Kesehatan Mental

338

MARTAPURA,- Mengusung tema “Menjadi Masyarakat Cerdas dan Cakap Digital” KemenKominfo RI bersama Siber Kreasi menggelar Webinar Literasi Digital untuk Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (02/11/2021) pagi.

Dimoderator Ovi Darin webinar tersebut menghadirkan Keynote Speech Bupati HSS H. Achmad Fikry, Key Opinion Leader Bella Putri yang juga seorang Influencer dan Content Creator dengan beberapa narasumber yaitu Dr. Taufik Hidayat seorang Dosen Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin & Humaniora UIN Antasari Banjarmasin, Prihatin Kusdini seorang Konsultan Hukum dan Hikmah Dosen STAI Darul Ulum Kandangan.

Taufik Hidayat, salah satu narasumber menyampaikan Digital Safety bertopik “Kesehatan Mental dan Teknologi Informasi di Masa Adaptasi”.
Menurutnya, pada situasi pandemi saat ini perlunya menjaga keseimbangan kesehatan mental untuk dapat beradaptasi melakukan penyesuaian diri terhadap perubahan.

“Adanya adaptasi terhadap ruang maya yang terbuka luas dan multi akses dilakukan kesehatan mental kita dalam kondisi yang tetap stabil dan produktif,” ujarnya.

Dirinya menambahkan adaptasi yang harus dimiliki diantaranya seperti Adaptasi Kognisi merupakan kemampuan untuk memperoleh pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa.

” Artinya mudah menangkap informasi yang diterima serta mudah menemukan penyelesaian terhadap situasi yang dihadapi”, pungkasnya.

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar