Webinar Literasi Digital, Bijak Beretika Dalam Sosial Media

323

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bekerjasama dengan Siberkreasi menggelar webinar literasi digital bertema “Mengenal Keterampilan Digital di Era Pandemi“ untuk Kota Banjarmasin, dibuka Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Moderator Rio Brama Kamis (21/10) siang.

Webinar ini menghadirkan narasumber berkompeten antara lain Drs.Syafruddin Noor,M.Pd Ketua Wilayah Ikatan Guru Indonesia Kalimantan Selatan, Reza Nangin Content Creator,Susiana S.Pd,M.Pd Asesor BAN PAUD dan PNF, Wakil Bendahara IGVI.

Salah satu narasumber Susiana menyampaikan materinya tentang Bijak Beretika di Internet. Berdasarkan data pengguna internet sangat banyak sehingga perlu adanya etika dalam berinternet.

Etika/norma adalah mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk dan tanggung jawab.

“Di sosial media ada 3 aktifitas utama yaitu update status, posting dan komentar. Dari ketiga aktifitas itu selalu dipergunakan orang sehari-hari di Sosial Media,” ujarnya.

Susiana menjelaskan ada 8 etika bersosial media yaitu hati-hati dalam menyebarkan informasi pribadi, gunakan etika saat berinteraksi dengan siapapun di media sosial, hati-hati terhadap akun yang tidak dikenal, pastikan unggahan di akun media sosial tidak mengandung SARA, manfaatkan media sosial untuk membangun jaringan atau relasi, pastikan mencantumkan sumber konten yang diunggah, jangan mengunggah apapun yang belum jelas sumbernya, manfaatkan media sosial untuk menunjang proses pengembangan diri.

Selanjutnya Susiana menambahkan ada 5 prinsip cerdas berinternet yaitu keep playing or stop, think before posting, saring before sharing, click or close dan wise while online.

Reporter : Faidillah
Editor : Ronny Lattar