Berita

Webinar Literasi Digital, Positif Sosial Media, Kenali Literasinya

MARTAPURA,- Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar bertema “Positif Sosial Media, Kenali Literasinya” di Kota Banjarbaru, Selasa (21/9/2021) pukul 10.00 Wita.

Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, B Sc dan Wakil Walikota Banjarbaru, Wartono, S E ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dalam diskusi ini dipandu oleh moderator Septi D Ajeng yang menghadirkan narasumber pertama yaitu Tri Sagirani yang menyampaikan materi tentang “Etika Digital”

“Pengguna media digital memiliki kemampuan untuk menciptakan dan memberlakukan aturan dan tata krama di internet” tuturnya.

Tri memaparkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bermedia sosial, contohnya seperti menjaga informasi pribadi, menghargai hasil karja orang lain, mengirim pesan dengan kalimat yang sopan, dan hindari bermedia sosial saat sedang emosi.

Narasumber kedua, Gt M Adam Maulana yang menyampaikan materi tentang “Budaya Digital”

“Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengam mudah berinteraksi dengan siapapun” tuturnya

Bagaimana peran pemuda terhadap demokrasi?

Adam memaparkan, pemuda dituntut untuk berani bertanggung jawab dalam mengawal peralihan demokrasi. Peralihan ini menjadi great responsibility yang merupakan akar budaya gerakan pemuda. Budaya ini akan melahirkan image building terhadap pemuda pada perwujudan pembebas, pluralitas, dan pencipta dinamisasi kehidupan bangsa.

Narasumber ketiga yaitu Juliet Georgiana Marlyn yang sekaligus Key Opinion Leader dalam acara ini menjelaskan materi tentang “Keamanan Digital”

“Semakin tingginya aktifitas masyarakat dalam mengakses berbagai layanan di internet membuka peluang masyarakat untuk lebih berdaya. Namun di sisi lain, tingginya aktifitas digital juga membuka potensi buruk, yaitu celah pencurian data digital sangat berpeluang besar terutama dari sisi pengguna. Maka dari itu, kita perlu memperhatikan unsur keamanan digital” tegasnya.

Bagaimana cara melindungi data pribadi?

Hal yang perlu dilakukan menurut Juliet, yaitu menggunakan password yang rumit, menghindari membagikan data pribadi, menghindari memasukkan data pribadi menggunakan wifi publik, memilih aplikasi yang benar-benar dibutuhkan, serta waspada jika ada komunikasi dari aktifitas yang mencurigakan.

Terakhir, ada narasumber Agus Budiyanto yang menyampaikan materi tentang “Kecakapan Digital”

“Dunia saat ini tidak selalu berpihak kepada mereka yang besar, melainkan kepada mereka yang cepat. Agar kita bisa mempertahankan dan mengembangkan usaha atau bisnis yang kita miliki, maka kita harus cepat, memberikan pelayanan terbaik, personalisasi pelanggan, dan memberikan layanan 24 jam” tuturnya

Tips dan trik jualan online?

Agus memaparkan, lakukan branding (promosi) entah itu berbayar (facebook ads) maupun gratis (sosial media), melakukan interaksi terhadap pembeli, lalu kita dapat melakukan transaksi dengan menggunakan fans page, whatshapp, dan DM Instagram. 

Rilis

Terbaru

Bupati Banjar Berikan Bonus Kepada Peraih Terbaik I STQH Nasional

Radio Suara Banjar

KP2KP Martapura Sosialisasikan PMK 66 Tahun 2023

Radio Suara Banjar

Dinkes Banjar dan Kalsel Berikan Layanan Kesehatan Diwilayah Terdampak Banjir

Radio Suara Banjar