90 Kader PKK se-Kecamatan Simpang Empat Ikuti Peningkatan Kapasitas

170

BANJARBARU,- Peningkatan Kapasitas Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Simpang Empat dilaksanakan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Tahun Anggaran 2023, digelar di Hotel Rodhita, Banjarbaru, Sabtu(30/9/2023) pagi.

 

Peningkatan kapasitas tersebut dibuka oleh Ketua TP PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas didampingi Sekretaris DPMD Noon Zairina Warsita, Camat Simpang Empat Fahrian Rahman, Sekretaris BKAD Marjani dan para pambakal se-Kecamatan Simpang Empat.

Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas berharap para kader mendapatkan manfaat dari ilmu yang dibagikan dalam peningkatan kapasitas tersebut. Ia juga mengapresiasi TP PKK Desa Kecamatan Simpang Empat yang telah melaksanakan kegiatan dalam meningkatkan kapasitas para kadernya.

 

Menurutnya, PKK adalah himpunan dari seluruh kader yang isinya didominasi perempuan, dimana dalam ketahanan keluarga dimulai dari unit terkecil yaitu keluarga yang dilakukan pembinaan.

“ Karena memang tugas kita sebagai anggota atau kader PKK keterlibatannya terwakili dalam 10 program PKK, apa saja seluruh elemen ketahanan keluarga baik dari sektor pendidikan, pembangunan, kesehatan juga pemberdayaan masyarakat perempuan dan anak,’ ujarnya.

 

Camat Simpang Empat Fahrian Rahman berharap kegiatan yang dilaksanakan BKAD ini dapat memberikan pengetahuan, wawasan serta ilmu seluruh kader dan pengurus TP PKK yang ada ditingkat desa se-Kecamatan Simpang Empat. Kegiatan ini merupakan murni dari kegiatan upaya pemberdayaan masyarakat oleh BKAD untuk peningkatan kapasitas.

 

“ Ini adalah peningkatan kapasitas yang ke 8 dan sebelumnya untuk kegiatan para kader juga sudah kita laksanakan,” ungkapnya.

Kegiatan diikuti 90 peserta dari 15 desa se-Kecamatan Simpang Empat, terdiri dari Ketua TP PKK, sekretaris, pokja-pokja PKK yang nantinya akan diberikan bimbingan serta pembinaan dari TP PKK kecamatan dan kabupaten sebagai narasumber.

 

Sementara Sekretaris BKAD Kecamatan Simpang Empat Marjani menjelaskan, para peserta akan diberikan fasilitas untuk menampung aspirasi dari masing-masing desa baik itu kader posyandu, posbindu dan kader PKK.

“ tujuan kami yakni ingin menyelaraskan visi dan misi Kabupaten Banjar hingga ke desa,” tutupnya.

 

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra