Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke 70 Berlangsung Sederhana

353

MARTAPURA,- Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini upacara peringatan Hari Jadi ke 70 Kabupaten Banjar dilaksanakan secara sederhana karena masih dalam situasi  pandemi Covid-19, di Halaman Kantor Setda Kabupaten Banjar Jum’at ( 14/08) pagi.

Bertindak sebagai pemimpin upacara Kepala BPBD Kabupaten Banjar H. Irwan Kumar dan Inspektur Upacara Bupati Banjar H. Khalilurrahman.  Upacara ini turut diikuti oleh Wakil Bupati Banjar H.Saidi Mansyur, Staf Ahli, Asisten, Unsur Forkopimda, para Kepala SKPD Banjar, Pimpinan Perusahaan Daerah dan Camat se Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H. Khalilurrahman dalam amanatnya mengatakan peringatan jadi ke 70 Kabupaten Banjar tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi virus Covid-19, namun tetap memberi makna dan semangat bagi kita semua.

” Hari ini kita memperingati Hari Jadi ke 70 Kabupaten Banjar Tahun 2020 dengan suasana, keadaan dan kondisi ang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi virus Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia termasuk Indonesia dan Kabupaten Banjar khusnya, namun kesederhanaan suasana peringatan Hari Jadi ini tetap memberi makna dan semangat bagi kita semua untuk senantiasa menghargai jasa para pendahulu kita dalam memajukan daerah Kabupaten Banjar tercinta ini “. ungkap Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar.

” Pada momentum Hari Jadi ini, marilah kita bersama-sama menjadikan peringatan ini sebagai bahan renungan dan introsfeksi untuk masa depan Kabupaten Banjar yang lebih baik dimasa yang akan datang”. harap beliau.

Pada Peringatan Hari Jadi ke 70 Kabupaten Banjar tahun ini, mengangkat tema ” Banjar Tangguh, Produktif dan Barokah, tema ini sangat relevan dengan kondisi saat ini mengingat masih berjuang bersama melawan penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan penghargaan diantaranya Penghargaan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)  Tahun 2019.

Predikat A (Memuaskan) diberikan kepada Inspektorat Kabupaten Banjar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjar, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Banjar, Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.

Predikat BB (Sangat Baik) diberikan kepada Kecamatan Cintapuri Darussalam.  Predikat B diberikan kepada Dinas Sosial Kabupaten Banjar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banjar. Predikat C diberikan kepada Kecamatan Pengaron dan Kecamatan Telaga Bauntung.

Penghargaan Unit Kerja Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik di Kabupaten Banjar Tahun 2019. Kategori Sangat Baik diberikan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kelurahan Tanjung Rema Darat dan UPT. Puskesmas Telaga Bauntung.

Selain itu juga dilaksanakan Penyerahan Simbolis SK Kenaikan Pangkat Periode 01 Oktober 2020 kepada Rina Yulianti, Kepala Bagian Ekonomi Setda Banjar Gol. IV/, Joko Sutrisno, Kepala Bidang Mutasi, Promosi dan Informasi BKDPSDM  Gol. III/d dan Rusnani Adawiyah Pengumpul Data Dinas Perindustrian dan Perdaganga Gol. II/d.

Penghargaan Pemuda Pelopor Kabupaten Banjar Tahun 2020, Terbaik Kategori A Bidang Pendidikan Nor Habibah, Pelopor : Memberikan Bimbingan belajar/les untuk SD/SMP/SMA Kecanatan Gambut. Terbaik Kategori B Bidang Agrowisata, Syaifuddin, Pelopor : Budidaya Madu Kelulut Desa Mengkauk Kecamatan Pengaron. Terbaik Kategori C Bidang Sumber Daya Alam, Syahbuddin Pelopor : Pelestarian Burung Lovebird Sekumpul Kelurahan Tanjung Rema Kecamatan Martapura.

Penghargaan Ketenagaan dan Kelembagaan Penyuluhan Berprestasi Tahun 2020. Kategori Penyuluh, Terbaik I Fitriani (WKPP Bawahan Pasar Kecanatan Mataraman).

Kategori Petani, Terbaik I Darwadi (Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan). Kategori Gabungan Kelompok Tani, Terbaik I  Warga Bahagia ( Desa Simpang Warga Dalam Kecamatan Aluh-Aluh). Kategori BPP, Terbaik I  Karang Intan

Terakhir dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan Mobil Operasional untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar dari Bank Kal-sel Cabang Martapura.

Reporter : Rifah
Editor : Ronny Lattar