Akurat, Usaha Yang Memiliki UTTP Wajib Tera

298

GAMBUT,- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas membuka dan menjadi pembicara di kegiatan Sosialisasi dan Ekspose Kemetrologian Tahun 2022,  yang dilaksanakan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar, di Grand Aston Banua Hotel and Convantion Center Gambut, Rabu (07/12/2022) pagi.

Kegiatan di ikuti oleh Owner dan Manajer SPBU di Kabupaten Banjar, beberapa perusahaan tambang serta Perusda Pasar Bantung Batuah.

Laporan Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan informasi kepada pelaku usaha yang memiliki Ukur, Takar,Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) serta wajib ditera dan tera ulang.

“Dari kegiatan diharapkan ada peningkatan kualitas Pelayanan Tera/Tera Ulang, terhadap wajib tera ulang dengan saling memberi informasi, masukan dan mengetahui kebijakan berdasarkan peraturan yang berlaku di bidang Kemetrologian” ucap Made.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas dalam materi yang mengangkat tema “Urgensi Kolaborasi Semua Sektor Dalam Mewujudkan Kabupaten Banjar Yang Maju, Mandiri, Agamis dan Tertib Ukur”
menjelaskan, wilayah Kabupaten Banjar kaya akan hasil tambang yang menjadi salah satu primadona kekayaan daerah dan juga dikenal dengan daerah yang mempunyai potensi perdagangan yang cukup besar.

“Sudah saatnya kita menerapkan standar ukur yang benar, diharapkan pengukuran dan timbangan semuanya sudah akurat, bahkan untuk timbangan anak stunting pun harus ditera ulang agar mendapatkan data yang valid” ujar Nurgita.

Dikatakan, kegiatan merupakan bentuk apresiasi terhadap dunia usaha. Dunia perdagangan harus jadi prioritas perekonomian baik SDM maupun finansial, dan untuk usaha harus lebih meningkatkan unit kerja termasuk lebih perhatian dengan lingkungan sekitar.

Secara khusus kepada peserta para Owner dan Manajer SPBU yang memiliki rest area, Nurgita berharap bisa mengakomodir para pelaku usaha kecil atau UMKM.  Dirinya juga mengajak Owner SPBU dapat bersinergi dengan Pemkab Banjar untuk lebih memudahkan masyarakat dan membuka peluang usaha bagi UMKM, bisa dimulai dari CSR perusahaan yang ada.

Dikegiatan ini Nurgita Tiyas juga menyerahkan penghargaan kepada perusahaan atas partisipasi dan kepeduliannya mewujudkan Kabupaten Banjar yang tertib ukur.

Adapun perusahaan penerima penghargaan tersebut adalah :
PT. Harkat Abadi Sejahtera.
PT. Sahabat Membangun Bersama.
PT. Borneo Indo Gas.
PT. Rahmad Jaya Barokah.
PT. Persada Energi Borneo.
PT. Anugrah Surya Kencana Makmur.
PT. Membangun Usaha Rejeki.
PT. Hijarah Tunas Mulia.
PT. Chandra Mas Lestari.
PT. Borneo Anugrah Insanindo.
PT. Vionica Energi Insani.
PT. Energi Bumi Abadi dan
PT. Sumber Rezeki Hidayah.

Reporter  : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar