Amankan Tahapan Pemilu 2024, 261.695 Personel Dikerahkan

53

MARTAPURA,- Dalam rangka pengamanan Pilkada 2024, Polres Banjar menggelar Apel Operasi Mantap Brata Intan 2023-2024, di halaman Mapolres Banjar, Selasa (17/10/2023) pagi.

Inspektur upacara Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat yang membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Melihat pentingnya hal tersebut lanjutnya, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan pemilu 2024. Terlebih lagi pemilu 2024 memiliki kompleksitas sendiri karena dilaksanakan serentak dengan rentang waktu berdekatan, wilayah yang luas serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

” Oleh sebab itu maka Polri didukung TNI, kementerian/ lembaga, instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata, dilaksanakan 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai 24 Oktober 2024. Diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu,” ungkapnya.

Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat menambahkan  bahwa dalam pengamanan pilkada mendatang, pihaknya telah menyiapkan 642 personel ditambah stakeholder lainnya dengan total 1200 personel yang akan disebar di seluruh TPS di wilayah Kabupaten Banjar.

” Berkaitan dengan pemilu ini tentunya kesiapan dari sarana dan prasarana terbatas tetapi tetap kita optimalkan. Maka dari itu kami minta kerjasamanya dengan pemerintah daerah bersama stakeholder untuk bersama sama mengamankan pesta demokrasi terbesar di dunia ini supaya tetap aman dan lancar,” tutupnya.

Apel turut dihadiri Sekda Banjar HM Hilman, unsur Forkopimda, para kepala SKPD, Ketua KPU dan Bawaslu  serta diikuti oleh unsur TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, PMI dan relawan EBR Martapura.

 

 

Reporter : Fuad Rivan

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra