Peringati Hari Kanker, PT BBP-PT MAS bersama Puskesmas Mataraman Gelar Pemeriksaan IVA

124

 

Mataraman,- Sebagai wujud peningkatan kesadaran, pengetahuan, cepat tanggap dalam upaya pencegahan penyakit kanker di seluruh dunia.

PT Banjar Bumi Persada (BBP) dan PT Mitra Agro Semesta (MAS), bersama UPT Puskesmas Kesehatan Kecamatan Mataraman, berkolaborasi bersama dalam pencegahan kanker dunia, melakukan pemeriksaan IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat terhadap 150 perempuan yang berasal dari 15 desa di sekitar area Mataraman, Kamis (2/3/2023).

Kanker, merupakan salah satu penyakit yang mematikan nomor 2 di dunia dan terjadi hampir di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, penderita kanker termasuk di angka 8 se-Asia Tenggara. Bahkan jumlahnya di seluruh dunia mencapai 9,6 juta kematian per-tahun.

Perempuan merupakan kelompok dengan risiko tinggi terkena kanker. Kanker payudara sebanyak 65.858 kasus, kanker Leher Rahim sebanyak 36.633 kasus. Kanker pada laki-laki paling banyak kanker paru 25.943 kasus dan kanker kolorektal (21.764 kasus).

Sedangkan data BPJS (2022) menyebutkan, anggaran pembiayaan jaminan kesehatan oleh BPJS kanker (merupakan penyakit katastropik) menempati pembiayaan kedua tertinggi setelah penyakit jantung sebesar 3,5 Triliun.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Mataraman dr. Risnawati pemeriksaan dimaksudkan untuk menekan dan menurunkan angka kesakitan serta kematian akibat kanker.

”Kami melihat ada trend kenaikan, tak hanya di Kecamatan Mataraman, tapi juga ini hampir di semua wilayah di Indonesia. Di sini dari 150 perempuan yang diperiksa alhamdulillah tak ada temuan, tapi tentu saja pasti ada kasus kanker yang mungkin tidak terdeteksi di luar yang memeriksakan diri di sini,” ujar Risnawati.

Risna menambahkan, secara khusus Kementerian Kesehatan RI, melalui Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menerbitkan Surat Edaran Nomor HK.02.01/V/89/2023 tentang Peringatan Hari Kanker Sedunia.

Edaran tersebut memuat imbauan dan mengajak seluruh Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kab/Kota hingga Kecamatan dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk: Berpartisipasi aktif dalam peringatan Hari Kanker Sedunia Tahun 2023.

Sementara, Public Relations PT BBP dan PT MAS, Nor Qomariyah mengatakan bahwa Dukungan terhadap Cancer World Day tahun 2023 sebagai bentuk pencapaian Aspek-2 (Kesehatan) dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

”Kami tentu mendukung upaya penurunan angka kematian yang disebabkan oleh Kanker, terutama bagi perempuan yang sangat rentan. Tak hanya kesehatan, karena perempuan juga bertanggung jawab dalam keluarga,” ungkap Nor.

Diutarakannya, maka ini juga akan berdampak pada ekonomi, dimana penderita dipastikan tak akan lagi produktif dalam bekerja, ditambah alokasi pembiayaan yang tentu meningkat. Karenanya peringatan Cancer World Day kali ini, diberikanlah program pemeriksaan IVA sebagai wujud kepedulian PT BBP dan PT MAS terhadap kesehatan masyarakat yang berada di area operasional perusahaan.

Pada kesempatan ini, PT BBP dan PT MAS juga memberikan souvenir dengan jumlah total 137 tumbler minum lengkap dengan logo ’cancer day’ untuk ’137 pasien pertama yang melakukan pemeriksaan’ sebagai motivasi para perempuan untuk terus meningkatkan kesehatan.

Dengan berbagai cara, mulai dari kampanye kesehatan peduli kanker, bekerjasama dengan seluruh stakeholder, deteksi dini dan konseling, pelaporan jika merasa ada gejala kanker dan pastikan lakukan pengobatan sesuai standar pasien.

 

rilis : zidan

Uploader : hendra