BPBD Mobilisasi Warga Hingga Dirikan Tenda Dapur Umum 

179

MARTAPURA,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar hingga kini terus lakukan pemantauan, salurkan bantuan, koordinasi dengan berbagai pihak hingga mobilisasi terhadap masyarakat terdampak banjir.

Kamis (2/3/2023) sore, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Warsita menyebut pihaknya rutin melakukan administrasi dan pelaporan. Kegiatan pemantauan dilakukan Pusdalops-PB BPBD Banjar melalui perangkat radio komunikasi repeater VHF, EWS dan WA guna mengetahui perkembangan terkini.


Monitoring dan koordinasi dilakukan dengan Instansi terkait, TRC, Satgas, Pusdalops-PB relawan dan masyarakat.

“TRC BPBD lakukan monitoring ketinggian air dibeberapa titik yang terendam dan terdampak di wilayah Kabupaten Banjar” ujarnya.

Hari ini pihaknya melakukan mobilisasi terhadap masyarakat yang terdampak banjir. Seperti  pemasangan tenda dapur umum sekalugus pendistribusian bantuan logistik di RT 24 Kelurahan Keraton.

“Hari ini di Gang Al Hikmah Karangan Putih Rt 24 Kecamatan Martapura, bantuan diterima Ketua RT Purnomo,” sebutnya.

Selain mendirikan tenda dapur umum, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan aparat kelurahan setempat untuk survey lokasi guna dijadikan tempat pengungsian bagi warga.


Mobilisasi dengan Puskesmas Martapura 1 sebut Warsita juga dilakukan dalam penyaluran obat-obatan kepada masyarakat yang terdampak banjir di dua desa lainnya.

“Penyaluran obat-obatan di Desa Tunggul Irang Ulu Kecamatan Martapura,  kemudian pendistribusian air bersih di Desa Jawa Laut Kecamatan Martapura,” tutup Warsita.

 

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra