Berita

DKISP Banjar Kaji Tiru ke Dinas Kominfo Statistik DKI Jakarta.

JAKARTA,- Dinas Kominfo dan Statistik DKI Jakarta telah lama menerapkan e Lapor salah satu dari 13 layanan aduan masyarakat yang ada, selain SP4N Lapor.

Untuk mempelajari dan kajitiru aplikasi tersebut tim dari Dinas Komunikasi, Informatika,Statistik dan Persandian (DKISP) Banjar lakukan kunjungan ke kantor Dinas Kominfo dan Statistik DKI Jakarta, Kamis (02/03/2023) siang.


Kedatangan tim diterima Manajer Operasional dan Respon Ari Setiobudi. Ari Setiobudi menjelaskan aplikasi JAKI (Jakarta Kini) dengan 13 kanal pengaduan masyarakat. Kemudian mempresentasikan tentang inovasi JSC (Jakarta Smart City) yang telah diunduh lebih dari dua juta pengguna di Google Play Store sejak diluncurkan awal 2022.

“JSC juga banyak menerima penghargaan dari dalam dan luar negeri dan menjadi percontohan daerah lain dalam setiap kunjungan kaji tiru,” kata Ari.

Ketua Rombongan DKISP Banjar Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Muhari mengatakan, DKI Jakarta telah menerapkan sistem aduan ini yang merupakan bagian dari Smart City.

“Aplikasi pengaduan ini terintegrasi, aduan tidak hanya dari aplikasi tetapi juga mengambil dari media sosial termasuk media sosial kepala daerah untuk ditindaklanjuti kemudian setiap follow up ada progres dan nilainya serta estimasi waktunya,” jelas Muhari.

Muhari menambahkan, layanan ini 24 jam ditunjang 200 SDM tenaga ahli. Untuk Kabupaten Banjar yang bisa diterapkan adalah tidak hanya di  SP4N Lapor tetapi juga melalui media lain dan seperti di DKI Jakarta mereka punya payung hukum Pergub bisa di Kabupaten Banjar dengan Perbub.

“Banyak ilmu yang bisa diserap dari kunjungan ini terutama pihak Diskominfo DKI juga siap untuk memberikan pelatihan atau mendorong tenaga pengelola Lapor ini agar nantinya menjadi ahli dalam aplikasi terintegrasi dan menguasai program programnya,” ujar Muhari.

Hadir di kegiatan kaji tiru ini Divisi Management Produk dan Layanan Diskominfo DKI Hana didampingi Tim Tanaga Ahli dan dari DKISP Banjar hadir Prakom Mahir Fetty Noormiyanti dan Operator SP4N Lapor Siti Sarifah.

 

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Terbaru

Calendar of Event 2024 Kabupaten Banjar Diluncurkan, Ini Agendanya

Radio Suara Banjar

Dorong Kemandirian, PT MAS-PT BBP Edukasi KWT Mengolah Bahan Pangan Pekarangan

Radio Suara Banjar

Ikuti CSR Award 2024

Radio Suara Banjar