Kolaborasi Pambakal, Duta dan Kader Digital Kenalkan Wisata Desa Sungai Rangas Tengah

 

MARTAPURA,- Desa Sungai Rangas Tengah membangun Wisata Desa Berkelanjutan sejak 2019 dan terus mengembangkan destinasi yang ada termasuk pembenahan faktor pendukung agar menarik minat wisatawan.

Hal tersebut disampaikan Pambakal Desa Sungai Rangas Tengah Mohammad Noor di sesi Talkshow Chating Manis (Cepat Hadapi Teknologi Inovasi Komunikasi Global) yang mengangkat tema “Wisata Desa Berkelanjutan, Integrasi Pariwisata dan Bank Sampah” di Radio Suara Banjar, Rabu (17/7/2024) pagi.

“Saat ini kita utamakan beberapa event wisata agar pengunjung lebih banyak. Contoh seperti lomba jukung yang merupakan ajang se- Kalsel yang banyak mendapatkan jumlah kunjungan wisata sekitar sepuluh ribu orang,” ungkap Mohammad.

Selain itu pihaknya juga bekerjasama dengan duta digital dan kader terus mempromosikan destinasi wisata yang ada melalui berbagai media sosial serta informasi lainnya.

Berbicara tentang wisata tentu tak lepas dari penanganan dan pengelolaan sampah yang baik, melalui kerjasama tadi pihak desa dibantu duta digital telah meluncurkan aplikasi penanganan sampah dan beberapa aplikasi lainnya di Desa Sungai Rangas Tengah.


“Kepada warga Desa Sungai Rangas Tengah juga selalu kita berikan pemahaman agar jangan membuang sampah sembarangan ke sungai apalagi mengingat keberadaan desa tadi sebagai desa cerdas dan desa wisata,” ujarnya.

Sementara Koordinator Duta Digital Ahmad Yunani menuturkan, kedepan dalam membantu kembali penataan kawasan wisata Desa Sungai Rangas Tengah pihaknya juga membuat beberapa proposal hingga ke Kementerian agar sektor wisata yang ada di desa tersebut dapat terangkat dan dikenal semua kalangan bahkan nasional.

“Penguatan keberadaan Wisata Desa di Sungai Rangas Tengah merupakan salah satu dari desa cerdas dan merupakan pilar “Ekonomi Cerdas” di sini kita bisa mendapatkan penghasilan yang akan menjadi pendapatan asli desa, kemudian dari wisata ini pula kita bisa kembangkan masyarakatnya, meningkatkan UMKM,” tutur Yunani.

Hadir juga di sesi talkshow kali ini Kader Digital Kabupaten Banjar Hairiah menginformasikan tentang tugas sebagai Kader Digital di Desa Sungai Rangas Tengah termasuk dalam membantu pihak desa dalam penyampaian informasi wisata yang ada di desa ini serta memberikan pemahaman literasi digital ke masyarakat agar dapat menggunakan teknologi informasi dengan baik.


Keberadaan Desa Wisata saat Pambakal Mohammad Noor mulai membangun wisata tersebut tahun 2019 dan mulai menyebarkan proposal permohonan bantuan kepada pemerintah daerah setempat dan CSR demi terbangunnya desa wisata impian untuk meningkatkan perekenomian desa dan masyarakat sekitarnya.

Dana desa yang digelontorkan sedikit demi sedikit dan bantuan yang datang dari Pemda setempat dan CSR, wisata mulai terbangun sehingga promosi pun mulai digencarkan melalui event-event tahunan yang diselenggarakan lebih sering daripada tahun-tahun sebelumnya dan wisata ini pun mulai dikenal banyak orang.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Pos terkait

Pemkab Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 Dari Kemenhub RI

Kekeringan, Warga Desa Muara Halayung Antre Air Bersih BPBD Banjar

Peringati Haornas 2024, Bupati Banjar Tutup Turnament Sepakbola SPL Tamban Cup