Aulia Rahman : Perlunya Penegakan Perda Tegas Kepada Pembuang Sampah Sembarangan

406

MARTAPURA,- Program kerjasama Radio Suara Banjar dengan Bank Sampah Sekumpul Martapura, Bakisah ( bijak kelola sampah ) kembali digelar dengan menghadirkan narasumber Aulia Rahman dari Aktifis Lingkungan Kalsel. Kamis ( 2/06/2022) pagi.

Mengangkat tema “Memaknai Hari Lingkungan Sedunia” Aulia Rahman menegaskan, Habbit atau faktor kebiasaan menjadi tolak ukur utama untuk bisa menjadi orang yang peduli terhadap lingkungan.

” Dimulai dari hal terkecil di lingkungan rumah kita sendiri, apakah kita sudah menerapkan pemilahan sampah yang benar, kemudian apakah orang tua sudah mengarahkan dan mendidik putra dan putrinya peduli dengan sampah dan hidup bersih,” ujar Aulia.

Aulia juga menyinggung perlunya penegakan Perda kebersihan yang lebih tegas kepada oknum pelaku pembuang sampah sembarangan yang menyebabkan pencemaran lingkungan, tanpa adanya penegakan sanksi hukum yang tegas maka permasalahan sampah ini tetap akan seperti itu tak akan ada habisnya.

Dikatakan, sanksi tegas atau jika perlu kurungan badan sebagai efek jera harus diberikan, sehingga Perda bukan hanya jadi simbol sebuah peraturan tapi juga dapat dilaksanakan sesuai aturan dan menjadi bermanfaat.

” Jika ini benar diterapkan saya yakin kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan akan tercipta dengan sendirinya, karena ada aturan tegas mengikatnya,” ujar Aulia.

Dikesempatan ini Aulia juga menyampaikan peran penting Bank Sampah Sekumpul yang sudah berupaya maksimal melakukan pendekatan kepada masyarakat agar lebih peduli kebersihan lingkungan dan memberikan edukasi berupa pengelolaan sampah yang menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat.

Aulia berpesan sudah saatnya sedari sekarang semua pihak tidak memandang sebelah mata permasalahan sampah ini, apalagi sekarang sampah bukanlah hanya seolah barang tak berguna melainkan juga bisa menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat.

” Positifnya lagi memberikan nilai edukasi dan membuat kita kreatif dan selalu berinovasi menjadikan lingkungan yang bersih dan bebas dari polusi,” pungkasnya.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar