Bank Sampah Sekumpul Edukasi Siswa SD

170

MARTAPURA,- Pengelolaan sampah yang baik dan benar sangat diperlukan pada kesadaran dari diri pribadi. Sehingga pada akhirnya masyarakat mengerti dan sudah mengetehui berbagai jenis sampah seperti organik dan anorganik. Bank Sampah Sekumpul sendiri hingga saat ini terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hal tersebut, termasuk informasi pelayanan yang diberikan.

Hal tersebut diungkapkan Manager Administrasi Keuangan Bank Sampah Sekumpul GT Rahmah di sesi talkshow “Bakisah ” (Bijak kelola sampah) di studio Radio Suara Banjar, Kamis (01/12/22) pagi.

Rahmah juga mengatakan, ketidakpahaman lain dari masyarakat adalah masih ada yang tidak mengerti jenis sampah apa saja yang bisa ditabung di Bank Sampah Sekumpul. Dimana masyarakat terkadang berpikir membawa semua jenis sampah bisa saja ditabung dengan kondisi masih bercampur atau tidak dipilah.

” Disinilah peran dari Bank Sampah Sekumpul untuk memberikan edukasi langsung ke masyarakat khususnya nasabah tadi,” ucapnya.

Lebih jauh Rahmah menjelaskan, Bank Sampah Sekumpul juga punya layanan Tabungan Sampah Keliling, yang tidak hanya melayani warga di Kelurahan Sekumpul tapi juga merambah ke kelurahan lainnya, seperti Jawa Laut, dan beberapa wilayah lain.

Dalam memberikan pemahaman pilah sampah, lanjut Rahma pihaknya juga terus menyasar kaum muda dan usia dini.

“Baru-baru ini kami juga menjadi tim titik pantau terhadap sekolah-sekolah karena memang untuk penilaian Adipura sekarang aktif kembali,” ujarnya.

Selain aktif memberikan pelayanan kepada nasabahnya, Bank Sampah Sekumpul juga menerima kunjungan para pelajar untuk mengenal bank sampah lebih jauh.

” Seperti hari ini dari SDN Jawa 2 Martapura dan kami mengedukasi siswa tentang pengelolaan sampah,” pungkasnya.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar