Bank Sampah Solusi Cerdas Masyarakat Dalam Menangani Masalah Sampah

43

MARTAPURA,- Direktur Bank Sampah Sekumpul Martapura Dewi Heldayati menjadi narasumber di sesi talkshow Bakisah (Bijak Kelola Sampah) memberikan informasi tentang pentingnya peran bank sampah ditengah masyarakat, di Radio Suara Banjar, Kamis (01/02/2024) pagi.

 

 

Dijelaskan Dewi, saat ini di Kabupaten Banjar telah banyak hadir bank sampah  dan harusnya dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar karena tidak perlu jauh-jauh lagi membuang sampahnya. Bisa memulai memilah sampah serta menjadi nasabah di bank sampah itu sendiri.

 

 

Hal penting lainnya lanjut Dewi, jika kedepan keberadaan bank sampah juga diatur melalui peraturan daerah.

 

 

“Saat ini memang sudah ada perda yang mengatur penanganan sampah namun belum ada perda yang secara khusus mengatur tentang bank sampah.  Karena melalui perda tersebut regulasi serta arah kebijakan pemerintah terhadap bank sampah akan lebih jelas nantinya, semoga ini didengar para wakil rakyat kita untuk dijadikan agenda mereka kedepannya,” tutur Dewi.

 

 

Dirinya juga memberikan suport dan semangat kepada para pegiat bank sampah yang baru merintis agar tak patah semangat dan terus menjadi contoh terbaik bagi masyarakat dalam persoalan penanganan sampah. Selain itu juga terus menularkan kebiasaan baik memilah sampah serta mencegah timbulan sampah.

 

 

“Pesan untuk masyarakat Cintai Lingkungan Seperti Apa Kita Mencitai Orang Sekitar Kita”” ujar Dewi mengakhiri sesi talkshow.

 

 

Reporter : Akhmad Effendy

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra