BIAN Adalah Imunisasi Biasa, Bukan Vaksin Covid-19

361

MARTAPURA,- Pelaksanan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Banjar ini untuk percepatan target agar bisa tercapai.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie saat meninjau kegiatan BIAN di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 14 Banjar, di Desa Indrasari Martapura,Jumat (29/7/2022) pagi.

Dikatakannya, kegiatan bekerjasama dengan Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan Kabupaten  Banjar ini menargetkan, untuk Imunisasi campak rubela 130.065 anak, berusia 9 bulan sampai 12 tahun.

” Capaian kita baru 24.664 atau baru mencapai 18,96% dari target sasaran dan masih menduduki peringkat terakhir dari 13 kabupaten/kota lainnya,” ungkapnya.

Habib Idrus menjelaskan, sebenarnya Imunisasi ini bukan vaksin Covid-19, tetapi imunisasi yang biasa dilakukan terhadap anak sebelum mewabahnya Covid.

” Seperti Imunisasi Polio, ini imunisasi biasa sehingga orang tua murid dapat diyakinkan dan cepat membawa anaknya untuk diimunisasi demi kesehatan anak, agar daya tahan tubuhnya meningkat terhadap berbagai macam penyakit,” jelasnya.

Sementara Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Banjar Linda Yunianti mengatakan, pelaksanaan BIAN ini akan digelar sampai pertengahan Agustus nanti. Selain di MIN 14 Banjar BIAN juga digelar disekolah lainnya hingga puskesmas dan posyandu.

Linda menambahkan, untuk target Imunisasi di MIN 14 Banjar ini sebanyak 700 anak dengan pelaksana Puskesmas Martapura 1 berupa Imunisasi Campak.

Kegiatan BIAN ini turut dihadiri Kakemenag Banjar Najwan Noor, Kepala dan dewan guru  MIN 14 Banjar serta sejumlah undangan.

Reporter : Faidillah
Editor : Ronny Lattar