Bupati Banjar Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

246

MARTAPURA,- Dengan mengusung tema ” Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila ” Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Upacara hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Banjar , Jumat (01/10) pagi .

Upacara berlangsung tertib dan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Sementara bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Banjar H Saidi Mansyur, diikuti personill TNI / Polri, Satpol PP dan perwakilan ASN Kabupaten Banjar.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, Sekda Banjar HM Hilman, Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi, Dandim 1006 Banjar Letkol Inf Imam Mukhtarom, Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso, Kajari Banjar Christianto Hartadi, Kepala Kantor Kemenag Banjar Najwan Noor, para kepala SKPD serta tamu undangan lainnya.

Bupati Banjar dalam keterangannya memaknai  hari kesaktian Pancasila 1 Oktober ini sebagai momentum untuk memaknai kembali nilai-nilai luhur yang terdapat dalam sila Pancasila .

” Pemerintah Kabupaten Banjar bersama sama unsur Forkopimda bersinergi menjaga dan melindungi masyarakat dari pihak-pihak yang ingin meruntuhkan ajaran Pancasila. Seluruh elemen bersama masyarakat agar memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk mencapai pembangunan yang lebih baik melalui kebijakan dan peraturan yang berlandaskan Pancasila,” ucapnya .

Ia juga berpesan melalui hari kesaktian Pancasila ini semua elemen masyarakat harus  menyadari betapa penting Pancasila ini sebagai pedoman berbangsa dan bernegara .

” Melalui Pancasila lah sebagai dasar negara kita bisa hidup rukun dan damai. Kita wajib mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam melaksanakan tugas melindungi negara dan dasar negara yaitu Pancasila. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah perjuangan pahlawannya,” pesannya .

Adapun yang bertindak  sebagai pembaca teks UUD 1945 Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri , pembacaan naskah  ikrar Ketua DPRD HM Rofiqi dan pembaca  doa Kepala Kantor Kemenag Banjar Najwan Noor.

Reporter : Fuad Rivan
Editor : Ronny Lattar