Capaian 3T di Kabupaten Banjar, Angka Kesembuhan Covid-19 Meningkat 90 persen

289

MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banjar melakukan presentasi dihadapan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia ( BPK RI ) perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan di Mahligai Sultan Adam pada,  Rabu (25/11) malam.

Presentasi tersebut dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana langkah-langkah yang telah  dilakukan oleh tim Satgas covid -19 Kabupaten Banjar terkait  penanganan covid -19 di daerah, dalam hal edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang perlunya mematuhi himbauan dan anjuran  pemerintah untuk terhindar dari bahaya covid -19 serta disiplin diri dalam penerapan protokol kesehatan .

BPK RI perwakilan Kalsel melalui wakil penanggung jawab tim pemeriksa kinerja  penanganan covid-19 Kabupaten Banjar  Subhan Affandi menjelaskan, tujuan pemeriksaan yaitu untuk mengetahui tentang capaian 3 T diantaranya Testing ( pemeriksaan ), Tracking ( penelusuran ) dan Treatment ( perawatan ). Dimana sejauh ini Tim Satgas Covid -19 Kabupaten Banjar telah berhasil menurunkan angka kematian atau korban dan meningkatkan kesembuhan  hingga 90 persen dengan  cara memutus mata rantai penyebaran covid-19 hingga ke polosok desa.

Sementara Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam hal penanganan Covid-19 di Kabupaten Banjar. Diantaranya dengan melaksanakan berbagai dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat dalam hal mengedukasi dan mengajak tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan .

” Pihak kami disamping melaksanakan dialog dengan tokoh agama dan masyarakat, kami juga melakukan patroli hampir tiap hari tiap malam dalam penegakan disipilin masyarakat dalam menaati himbauan pemerintah , door to door kami lakukan dalam mengedukasi dan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Senada dengan Dandim 1006 Martapura, Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo juga menjelaskan apa saja yang telah dilakukan instansinya dalam hal penanganan Covid -19.

” Pihak kami dalam hal ini telah membentuk berbagai upaya dalam hal menekan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 contohnya  membentuk kampung Tangguh yang dimaksudkan mewujudkan kesadaran warga tentang bahaya nya covid -19 dan taat akan penerapan protokol kesehatan di pelosok desa ,” jelasnya .

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Dr. H.M Hilman tak lupa mengapresiasi dukungan dari semua pihak khususnya Forkopimda Banjar dan teman teman media yang telah membantu pemerintah dalam hal memberikan seluruh tenaganya dalam hal penanganan Covid -19 ini .

“Saya atas nama pemerintah daerah turut  mengapresiasi atas segala bantuan yang telah diberikan, khususnya pak Dandim dan Kapolres juga teman pers yang sejauh ini telah memberikan informasi kepada masyarakat terkait Covid -19,” ucapnya.

Reporter : Fuad Rivan
Editor : Ronny Lattar