Damkar Banjar Kembali Gelar Rakoor Inspeksi dan MKKG

108

 

GAMBUT,- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (DPKP) Kabupaten Banjar kembali gelar Rapat Koordinasi Inspeksi dan Penerapan Manajemen Kebakaran Keselamatan Gedung (MKKG) bagi perusahaan se- Kabupatrn Banjar, di Hotel Aston Banua and Compantion Center, Kamis, (6/7/2023).

 

Pada rakoor tersebut disampaikan hasil-hasil inspeksi terhadap Alat dan Sarana Proteksi Kebakaran Gedung sepanjang Tahun 2023 yang telah dilaksanakan pada semester ini.

Eddy Elminsyah Jaya, Kabid Pencegahan mewakili Kepala DPKP Banjar Rahmat Kartolo mengatakan, hasil inspeksi menjadi dasar bagi pihaknya dalam memetakan dan memitigasi sejauh mana bangunan-bangunan gedung di Kabupaten Banjar sudah terproteksi kebakaran. Sejauh ini pihaknya sudah melakukan inspeksi dan sosialisasi proteksi kebakaran ke berbagai sektor usaha di Kabupaten Banjar.

“Harapan kita bersama, semoga Kabupaten Banjar menjadi model atau pionir dalam proteksi kebakaran kota dan penerapan MKKG sesuai dengan visi misi Bupati Banjar Maju Mandiri dan Agamis (Manis),” tambahnya.

Pada kesempatan ini disosialisasikan juga oleh Tim Instruktur DPKP Banjar mengenai penerapan MKKG, penggunaan apar dan implementasi Perbup Banjar Nomor 72 Tahun 2022. Kegiatan menghadirkan narasumber praktisi proteksi kebakaran Johny yang menerangkan, mengenai Fire Alarm berbasis Internet of Thing, serta Praktisi K3-Environment Salva yang menjelaskan, mengenai penyediaan personel K3/facility service bangunan gedung yang handal dan profesional.

 

Dimyati, Kasi Inspeksi DPKP Banjar mengatakan, rakoor dan sosialisasi dihadiri ratusan peserta dari berbagai perusahaan dan sektor usaha pemilik bangunan gedung.

” Seperti rumah sakit, hotel, perbankan, perkebunan,  pertambangan, pergudangan, show room, bengkel, perusahaan transportasi (Trans Banjarbakula dan Damri)  dan lain-lain,

Alhamdulillah acara berjalan lancar,” pungkasnya.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan Sertifikat Laik Proteksi Kebakaran kepada CV Cintapuri Pratama yang bergerak dibidang pertambangan.

 

 

Reporter : E2J

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra