Pemkab Banjar Salurkan Bantuan Pangan, Tahap Awal Dua Kecamatan

80

MARTAPURA,- Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili Kepala Bappedalitbang Nashrullah Shadiq melaunching penyaluran bantuan pangan pemerintah tahun 2024, di halaman Kantor Bupati Banjar, Martapura, Rabu (31/1/2024) pagi.

Nashrullah Shadiq mengatakan, bantuan pangan beras adalah bantuan pemerintah yang disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing-masing sebanyak 10 kilogram.


“Bantuan berupa beras sebanyak 10 kg per KPM melalui program bantuan pangan cadangan beras pemerintah dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang disalurkan oleh Perum Bulog,” katanya.

Untuk bantuan tersebut Kabupaten Banjar menerima kuota sebanyak 25.813 KPM yang akan disalurkan secara bertahap dalam waktu 6 bulan dari Januari hingga Juni 2024.

“Pada hari ini bantuan pangan dimulai untuk Kecamatan Mataraman dan Martapura Barat,” katanya.

Nashrullah mengungkapkan bantuan pangan tersebut bertujuan untuk menjaga stabilitas pangan dan menekan angka inflasi di Indonesia. Selain itu bantuan beras sebagai upaya untuk mengantisipasi krisis pangan tahun 2023 hingga tahun 2024.

Ia berharap bantuan beras tersebut dapat diterima dengan baik sehingga berdampak pada pengurangan pengeluaran rumah tangga atas kebutuhan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Banjar.


Bantuan diserahkan secara simbolis kepada 10 KPM dilanjutkan pelepasan 3 unit truk yang bermuatan bantuan pangan untuk segera disalurkan.

Kegiatan turut dihadiri Kepala Perum Bulog Kanwil Kalsel Taufan Akib, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Banjar  Sipliansyah Hartani, Kepala Dinsos P3AP2KB Dian Marliana dan Kepala Dinas PMD Syahrialludin.

Reporter : Faifillah Rajani
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra