Disdukcapil Banjar Buka Pelayanan Dikantornya Usai Idul Adha

430

MARTAPURA,- Kantor Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar memastikan akan membuka layanan dikantornya, setelah Hari Raya Idul Adha, atau pada hari Senin 3 agustus mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Disdukcapil setempat Azwar SH. Saat dihubungi melalui video call pada Selasa (28/07) siang.

Azwar mengatakan hingga saat ini ada 4 orang pegawainya yang dinyatakan positif Covid-19.

“Karena itu untuk penutupan kita perpanjang hingga 30 Juli 2020.  Tujuannya untuk memberikan cukup waktu bagi kawan-kawan, untuk melakukan isolasi karena dianggap pernah melakukan kontak erat dengan kawan-kawan yang dinyatakan positif Covid-19. Jadi kita harapkan setelah penutupan selama 14 hari kalender ini, kita punya waktu untuk mengurangi penyebaran virus,” katanya.

Selain itu penutupan kantor yang menjadi tempat kerumunan warga tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya paparan virus corona yang lebih parah, karena diperkirakan pegawai Disdukcapul yang terkonfirmasi positif tersebut terpapar saat melayani urusan kependudukan puluhan warga.

“Nanti kita akan buka lagi pelayanan secara langsung setelah Hari Raya Idul Adha, kira-kira pada Senin, 3 Agustus 2020. Yang pertama dibuka adalah pelayanan rekam KTP-El yang mengharuskan masyarakat datang dan keperluan legalisir yang lain.  Selain pelayanan rekam data dan cetak KTP, pelayanan tetap dilakukan melalui sistem online,” jelas Azwar.

Azwar menambahkan kondisinya sendiri beserta pegawai yang lain yang menjalani isolasi mandiri baik-baik saja.

Walaupun pelayanan tatap muka di tutup, masyarakat yang hendak melakukan urusan kependudukan di Disdukcapil Banjar tetap bisa melalui layanan online yang telah disiapkan melalui nomor-nomor whatsapp yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan urusannya.  

Warga bisa berurusan dengan sistem online melalui pesan singkat whatsapp diberbagai nomor sesuai dengan urusan kependudukan, dengan rentang waktu pelayanan online dari jam 08.00 – 14.00 Wita untuk hari Senin sampai Kamis, sementara pada hari Jumat dari jam 08.00 – 11.00 Wita.

Reporter : Ronny Lattar 
Editor : Ronny Lattar