Dispersip Banjar Gelar Lomba Literasi Keluarga

76

MARTAPURA,- Guna meningkatkan rasa cinta membaca di lingkungan keluarga dan mengenalkan serta mengembangkan wawasan literasi pada masyarakat umum, terutama keluarga Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar digelar lomba Literasi Keluarga Tahun 2023 dengan mendongeng/bercerita Tingkat Kabupaten Banjar, di Aula Demang Lehman, Rabu (9/8/2023) pagi.

Kepala Dispersip Banjar dr H Tofik Norman Hidayat mengatakan, lomba dongeng ini merupakan acara rutin tahunan oleh Dispersip, tahun ini mengangkat tema Literasi Keluarga.


“Tahun sebelumnya mengambil tema cerita anak, alasan tahun ini mengambil tema literasi keluarga berkaitan dengan kegiatan program Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat terkait penurunan angka stunting, Dispersip juga mengambil peran dan kontribusi untuk bisa berpartisipasi dalam menurunkan prevalensi stunting di Kabupaten Banjar,” ungkap Tofik.

Menurutnya, dengan literasi keluarga, peserta lomba sudah belajar terkait stunting dan pihaknya sudah memberikan bahan kepada peserta lomba untuk dipelajari agar bisa disampaikan terkait tema.

“Jadi saat peserta bercerita benar-benar sudah memahami tentang stunting, penanganan stunting. Diharapkan setelah lomba mereka bisa menceritakan kepada keluarga dan  masyarakat apa itu stunting,” harapnya.

Lomba diikuti oleh kader PKK dan kader posyandu kecamatan se-Kabupaten Banjar berjumalah 17 orang dengan durasi tampil masing-masing maksimal 10 menit.


Adapun juri lomba bercerita adalah Enik Mintarsih dari Kampung Dongeng Intan Kalimantan Selatan, Titik Hidayati Plt Kasi Kesejahteraan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan serta Jahriah dari Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar.

Turut hadir perwakilan Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan, perwakilan SKPD Banjar, perwakilan camat se- Kabupaten Banjar, peserta lomba dan undangan lainnya.

Reporter : Rif’ah
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra