“Dosen Mengabdi” Kerjasama Unlam Dengan Bank Sampah Sekumpul

225

MARTAPURA,- Universitas Lambung Mangkurat melaksanakan program kerjasama dengan Bank Sampah Sekumpul melalui “Program Dosen Mengabdi” dengan bentuk daur ulang dan mengolah produk dari bekas botol plastik.

Dijelaskan Anang Kadarsih Dosen Unlam, saat menjadi narasumber talkshow di Radio Suara Banjar, Kamis (11/8/2022 ) pagi, hal pertama dilakukan adanya kesadaran dari diri sendiri baru nantinya akan dapat memberikan edukasi secara mudah kepada masyarakat.

“Program Dosen Mengabdi” bersama Bank Sampah Sekumpul dimulai sejak Januari 2022, dengan pilihan pengelolaan sampah botol plastik. Banyak pengalaman dan inspirasi dari dinas terkait, diharapkan kegiatan dapat dilanjutkan dan kembali lagi pada niat kita masing- masing, karena perihal pengelolaan sampah itu sendiri adalah diri kita sendiri,”ujar Anang.

Anang memamparkan, bekas botol plastik dapat diolah menjadi empat produk, diantaranya keranjang sampah, media tanam hedroponik, kemudian pot gantung dan filter air dari botol plastik.

Pertimbangan kerjasama memilih botol plastik karena botol plastik ukurannya besar, kemudian tidak semua orang paham  bagaimana memanfaatkan botol plastik, dan setelah dipelajari ternyata bahan yang bisa dibuat adalah botol plastik yang sering ditemukan disekitar.

Anang mengajak masyarakat untuk membuat pekerjaan orang yang berada diligkungan persampahan kerjanya menjadi tidak berat. Dengan begitu setidaknya sudah bisa membantu dalam hal permasalahan sampah secara umum.

Selain itu juga mengajak semua pihak peduli dalam permasalahan sampah, karena diperlukan kerjasama yang baik disemua lini.

” Kita awali dari lingkungan terkecil yakni di rumah tangga untuk menerapkam pemilahan sampah,” ajaknya.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar