Ketua Dekranasda Banjar Beberkan Empat Kiat UMKM Sukses

45

MARTAPURA,- Festival Cinta Kabupaten Banjar tahun 2023 yang digelar dari 31 Oktober – 4 November menjadi peluang bagi para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya ke masyarakat. Begitu juga dengan pelaku UMKM di Kabupaten Banjar yang ingin sukses dan berhasil memasarkan produk olahannya di ritel modern.

Mengakomodir hal tersebut Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP)  Kabupaten Banjar menggelar Talkshow Ritel dan Layanan Rumah Kemasan P-IRT halal di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Kamis (02/11/2023) sore.

Salah satu narasumber dalam acara tersebut adalah Ketua Dewan Kerajinan Nasiinal Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas. Dalam materinya Nurgita Tiyas memberikan motivasi dan usaha pengembangan diri bagi para pelaku UMKM yang ingin agar produknya bagus dalam kemasan dan dapat dipasarkan melalui ritel modern.


Menurutnya, ada 4 kiat sukses yang harus dimiliki oleh pelaku UMKM agar usahanya bisa berhasil. Yaitu kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja berkualitas dan kerja tuntas.

” Kalian harus cerdas membuat kemasan yang menarik dan dapat memasarkannya di ritel modern. Kerjasama dengan Dekranasda sangat diperlukan, melalui beberapa pelatihan ibu-ibu dapat memiliki pengetahuan untuk dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala DKUMPP Banjar Kencana Wati, terkait dengan fasilitasi terhadap UMKM mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu pelaku UMKM untuk tumbuh maju dan berkembang.


” Kita fasilitasi mereka mulai dari bahan baku, terus meningkatkan kapasitas mereka melalui pelatihan-pelatihan, kemudian kita berikan akses permodalan dan terakhir dicarikan peluang pemasaran. Contoh hari ini kita ajak pihak penyedia yang mau mengambil produk mereka untuk dipasarkan,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut Nurgita Tiyas memberikan hadiah dan souvenir kepada para peserta yang berhasil menjawab pertanyaan, serta penyerahan beberapa  sertifikat bagi para pelaku UMKM.

Reporter : Fuad Rivan
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra