Berita

Dukung Produk Lokal, TAJ  Gelar Bertamasya Award

PENGARON,- PT Tanjung Alam Jaya (TAJ) bersinergi bersama Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) dan Bank Sampah Sekumpul menggelar even Bertamasya Award, di Mess PT TAJ, Desa Mengkauk Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Rabu (21/02/2024) pagi.

Bertamasya Award yang menghadirkan 3 juri tersebut merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun PT TAJ ke 20. Bertujuan untuk mencari bibit berbakat dalam hal meningkatkan dan mensejahterakan UMKM di sekitar wilayah operasional kerjanya.

Kepala Teknik Tambang sekaligus General Manager Operasi dan Produksi PT TAJ Gusti Yunisar Rahman didampingi Direktur Keuangan Endria Novyaningsih mengatakan, banyaknya peserta pada even perdana tersebut membuat pihaknya ingin membuat kegiatan yang lebih menarik lagi kedepan, sehingga dapat menarik minat masyarakat khususnya masyarakat di sekitar tambang.

“Saya lihat antusias masyarakat pada even perdana ini sangat luar biasa dan sepertinya saya akan mengadakan even-even lanjutan kedepan dengan kategori lainnya,” ujarnya.

Gusti sapaan akrabnya mengungkapkan meskipun hanya tiga kategori UMKM yang dilombakan, ia menyebut banyak memunculkan bibit-bibit baru yang dapat meningkatkan nilai dari produk lokal masyarakat Kecamatan Pengaron dan Sambung Makmur.

“Kategori UMKM yang dilombakan meliputi UMKM Kriya sebanyak 5 peserta , Kuliner 18 dan UMKM Daur Ulang 8 peserta,” tuturnya.

Lebih lanjut Gusti menyampaikan akan memfasilitasi produk lokal masyarakat baik terkait perizinan, proses pemasaran hingga menghasilkan produk nantinya didukung secara berkelanjutan.

“Target kami PT TAJ ingin mempunyai galeri sendiri terutama galeri UMKM yang akan kami bantu promo hingga produk tersebut dikenal bahwa inilah produk Kabupaten Banjar dengan keanekaragaman dan kekhasannya,” imbuhnya.

Selain program UMKM, PT TAJ juga mendukung program lainnya meliputi infrastruktur dan pendidikan. Menurutnya, di program pendidikan seperti ditingkat SMP dan SMA yang jauh dari kota akan kami bantu naikkan great nya baik dari pelatihan maupun peningkatan fasilitas agar menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Bidang Usaha Mikro pada DKUMPP Banjar Rudy Mulyadi menyatakan apresiasi kepada PT TAJ yang telah mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Banjar.

“Yang penting bagaimana kita memaksimalkan potensi sumber daya alam yang ada disini sehingga bisa dibikin satu produk yang memiliki nilai tambah,” ungkapnya.

Pemenang lomba masing-masing kategori nantinya akan mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan dengan nominal Terbaik I Rp 3 Juta, Terbaik II Rp 2 Juta dan Terbaik III Rp 1 Juta.

 

 

 

Reporter : Rifky Zidane

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Terbaru

Pustakawan Berprestasi Dispersip Banjar Raih Harapan II Tingkat Provinsi

Radio Suara Banjar

Bank Kalsel Cabang Martapura Salurkan Dana di Hari Ulang Tahunnya

Radio Suara Banjar

TP. PKK Kabupaten Banjar Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Radio Suara Banjar