Grup Nurul Musthofa Asal Sungai Tabuk Juarai Festival Maulid Habsyi

116

MARTAPURA,- Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar sukses menggelar Festival Maulid Habsyi pada rangkaian Banjar Manis Festival, di Alun Alun RTH Ratu Zalecha Martapura, Selasa (25/7/2023).

Festival maulid habsyie yang diinisiasi Bidang Kebudayaan tersebut cukup diminati oleh para pengunjung. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang menyaksikan lomba, untuk memberikan dukungan kepada grup kesayangan mereka yang tampil.

Plt Kepala Disbudporapar Irwan Jaya menyampaikan, festival maulid habsyi ini adalah ajang perlombaan yang rutin diselenggarakan oleh Disbudporapar pada Bidang Kebudayaan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-73 Kabupaten Banjar ke dan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

“Lomba ini juga diadakan untuk mengajak masyarakat selalu bersalawat kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Serta menyalurkan bakat-bakat para remaja khususnya grup-grup maulid yang ada di Kabupaten Banjar,” ungkapnya.


Lomba menghadirkan juri Muhammad Syahid dari Bidang Kebudayaan Disbudporapar, Ustadz Rusdi dari KUA Martapura, Ustadz Abdul Hadi dari seniman maulid.  Juara lomba Festival Maulid Habsyi yaitu Grup Maulid Nurul Musthofa dari Kecamatan Sungai Tabuk raih Juara I, Terbaik II Miftahussalam dari Astambul, sedangkan Ihya Ulumuddin Sekumpul Terbaik III.

Juara I Nurul Musthofa mendapatkan tepuk tangan meriah dari penonton, membawakan syair maulid dengan suara yang sangat merdu ditambah aransemen pukulan terbang rebana yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan berbeda dengan grup lainnya.

Reporter : Tim
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra