Hadapi MTQ di Tanah Bumbu, LPTQ Banjar Asah Kemampuan 47 Kafilahnya

320

MARTAPURA,- Guna mempersiapkan Kafilah MTQ  Kabupaten Banjar yang nantinya mewakili Kabupaten Banjar di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an di Kabupaten Tanah Bumbu, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an ( LPTQ ) Banjar, melaksanakan Training Center ( TC ) bagi Kafilahnya di Hotel Aston Banua, Kecamatan Kertak Hanyar, Senin (14/12) siang.

Kegiatan ini dibuka Bupati Banjar H.Khalilurrahman, dihadiri Ketua LPTQ Banjar H. Masruri, Kepala Kemenag Kabupaten Banjar Najwan Noor, perwakilan dari LPTQ dan Kemenag Banjar, Camat Kertak Hanyar dan peserta Training.

Dalam laporanya, Ketua LPTQ Banjar H. Masruri mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan adalah meningkatkan kualitas dan kemampuan Qari dan Qoriah, serta meningkatkan prestasi kafilah Kabupaten Banjar dalam mengikuti MTQ ke 33 tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Tanah Bumbu, April 2021 mendatang.

“Pada hari ini tanggal 14 sampai 17 Desember 2020 selama 4 hari, kita melaksanakan Training Center bagi Kafilah Kabupaten Banjar, yang akan bertanding di MTQ ke 33 di Tanah Bumbu, dengan metode simulasi Musabaqah di seluruh cabang lomba MTQ” jelas Masruri.

Masruri menambahkan, ada 8 cabang lomba yang diikuti yakni, Tilawah ( untuk anak, remaja, dewasa, tuna netra), Qiroat ( Murattal dan Mujawwad), Tahfiz ( 1 juzz, 5 juzz, 10 juzz, 20 juzz dan 30 juzz ), Tafsir ( Bahsa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), Fahmil Qur’an ( beregu 3 orang), Syahril Qur’an ( beregu 3 orang), Khattil Qur’an ( Naskah, Hiasan, Mushaf, Dekorasi, dan Kontenporer dan Makalah ilmiah Al Qur’an.

Sementara itu Bupati Banjar menargertkan, Kafilah Kabupaten Banjar dalam MTQ di Tanah Bumbu nanti, minimal ada juara dalam satu cabangnya.

“Untuk para peserta, saya berpesan, supaya mengikuti dengan baik pelaksanaan Training, dan belajar bersungguh sungguh menuju keberhasilan Kafilah di MTQ Tanah Bumbu nanti” pesan Bupati yang akrab disapa Guru Kholil tersebut.

Training Center Kafilah Kabupaten Banjar dalam persiapan ke MTQ ke 33 di Tanah Bumbu pada bulan April 2021, dilaksanakan dari 14 sampai 17 Desember 2020, diikuti sebanyak 47 peserta.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar