Jati Baru Terendam, BPBD Banjar Siapkan Bantuan  

138

ASTAMBUL – Akibat diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir, ratusan rumah di Desa Jati Baru, Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar terancam banjir. Pasalnya, air yang meluap dari Sungai Martapura, kini sudah merendam ruas jalan desa dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa.

Warga setempat Ahmad mengaku sudah dua hari desanya terendam hingga membuatnya tak bisa ke sawah. Begitu juga dengan warga lainnya yang mayoritas petani.

” Tidak bisa ke sawah, kita berharap ada bantuan berupa sembako dari pemerintah,” ujarnya.

Di desa ini, selain merendam ruas jalan dan sebagian rumah warga, banjir juga rendam fasilitas umum seperti tempat ibadah.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar Warsita mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan, dan dalam waktu dekat akan berikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

“Kita sudah siapkan bantuan untuk warga dan dalam waktu dekat akan kita bagikan,” ujarnya.

 

Warsita menambahkan, saat ini banjir sudah merendam beberapa kecamatan, diantaranya Kecamatan Pengaron, Simpang Empat, dan Astambul.

“Untuk Pengaron sudah mulai penurunan, saya imbau kepada warga yang ada di bantaran sungai agar selalu waspada dan mengamankan barang-barang berharga,” tutupnya.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra