Kader Posyandu Ikuti Pertemuan Penguatan Manajemen Sistem Informasi

211

BANJARBARU,- Posyandu adalah salah satu bentuk upaya kesehatan, bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat. Yakni dalam penyelenggaraan  pembangunan kesehatan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan  kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas saat menghadiri pertemuan Penguatan Manajemen Sistem Informasi Posyandu bagi Lintas Sektor, di Grand Dafam Q-Hotel, Banjarbaru, Senin (18/7/2022) siang.

Menurut Nurgita Tiyas kader posyandu adalah anggota masyarakat yang bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan posyandu secara sukarela.

Kader posyandu terlatih yang selanjutnya disebut kader terlatih, adalah kader posyandu yang telah mengikuti pelatihan dan mengikuti sosialisasi terkait bidang layanan posyandu, seperti sosialisasi Sistem Informasi Posyandu (SIP), pelatihan tata laksana gizi buruk, orientasi konseling Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA), pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita, orientasi antropometri tumbuh kembang balita bagi kader dan sebagainya.

“ Semoga dengan seringnya kader posyandu mengikuti berbagai macam kegiatan keilmuan yang menambah pengetahuan ini, bisa menjadikan kader posyandu lebih maju dan aktif melakukan kegiatan posyandu,” pintanya.

Dirinya juga berharap kader posyandu mampu mengembangkan sistem informasi posyandu guna mendukung surveilans kesehatan ibu dan anak berbasis masyarakat. Kader posyandu juga dapat mengelola dan melaksanakan kegiatan SIP sebagai upaya peningkatan kualitas data kesehatan ibu dan anak.

Kegiatan ini juga di hadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Yasna Khairina dan seluruh stake holder terkait.

Reporter : Melda
Editor : Ronny Lattar