Karhutla di Ambubun Jaya Libatkan Satgas Udara  

38

SUNGAI TABUK,- Lahan di Desa Ambubun Jaya Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar kembali terbakar pada Sabtu (23/9/2023) siang. Tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, lakukan penanganan setelah mendapatkan laporan.

Tim gabungan terdiri dari BPBD Banjar, TNI, Polri, relawan kecamatan dan sejumlah BPK swasta tangani kobaran api yang menyebar luas akibat tiupan angin kencang.

Semak belukar yang mengering akibat musim kemarau membuat api semakin menjadi. Api juga membakar vegetasi lainnya seperti ilalang hingga pohon galam.

” Api memang sulit dikendalikan oleh tim karena menyebar luas. Tim gabungan berusaha maksimal memadamkan api sekitar 4 jam penanganan,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita.

Warsita juga menyebut untuk penanganan di Desa Ambubun Jaya tersebut juga melibatkan Satgas udara Provinsi Kalimantan Selatan dengan mengerahkan heli watter boombing.

” Satgas udara provinsi juga membantu pemadaman. Luasan lahan yang terbakar sekitar 20 hektare,” ujarnya.

Sementara di Desa Tambak Padi Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar, karhutla juga terjadi dan membakar semak belukar dan pepohonan. Tim gabungan yang dibantu oleh warga sekitar berhasil memadamkan api sekitar 3 jam penanganan, dengan luasan lahan terbakar sekitar 3 hektare.

Reporter : Paris
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra