Jelang Pemilu, Kesbangpol Gelar Dialog Peningkatan Kapasitas Masyarakat

73

MARTAPURA,- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Penanganan Konflik Sosial dengan tema “Dialog antar entitas/kelompok kearifan lokal menjelang pelaksanaan pemilu tahun 2024”, di Aula Kesbangpol Kabupaten Banjar, Selasa (30/01/2024) pagi.

Kepala Badan Kesbangpol Banjar Safrin Noor mengatakan, terkait dengan kesiapan tersedianya sekretariat PPK dan gudang logistik pihaknya sudah melakukan pemantauan, guna memastikan gudang sudah sesuai standar.


“Kami beberapa hari yang lalu sudah melakukan pemantauan, tapi baru 7 sektor kecamatan, namun secara tertulis sudah disampaikan kepada para camat, khususnya gudang logistik itu harus benar-benar tersedia sesuai standarnya. Karena musim hujan, ditakutkan surat suara rusak,” ungkap Safrin.

Dialog diikuti berbagai unsur seperti Kodim, Polres, Kejari, perwakilan beberapa kecamatan, MUI, PC NU, PC Muhammadiyah, KNPI, HMI, Dewan Kesenian Daerah, PGRI, Forum Karang Taruna dan ormas lainnya.

Kepada peserta dialog, salah satu narasumber Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar Noor Syawly Syahri menyampaikan materi tentang Tertib di Ruang Digital Publik melalui Peningkatan Kultur Bermedia Sosial Menjelang Pelaksanaan Pemilu.


“Tips nyaman bermedia sosial, jika belum tau kebenaran informasi yang didapat maka lebih baik diam, jika kita mau membagikan informasi cari dulu sumbernya yang terpercaya, saring dulu sebelum sharing,” ujar Syawli.

Selain dari DKISP Banjar juga menghadirkan narasumber Praktisi Pemerhati Kepemiluan Ahmad Faisal dan dari Polres Banjar Zelly Tobing.

Reporter : Rif’ah
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra