Karhutla di Tiga Desa, Semak Belukar di Abumbun Jaya Hangus

78

MARTAPURA,- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang membakar semak belukar terjadi di Desa Kayu Bawang, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Minggu (24/9/2023) siang.

Tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar dan sejumlah BPK swasta lakukan penanganan kobaran api setelah mendapatkan laporan. Tim yang dilengkapi dengan sarana 1 mobil pick up, 1 truk tangki, 1 tandon air, 2 mesin pemadam, 2 nozzle dan 6 rol selang tersebut memulai penanganan pada pukul 12.13 Wita.

Proses pemadaman berlangsung hingga pukul 15.40 Wita atau sekitar 3 jam penanganan berhasil memadamkan kobaran api, sementara luasan lahan yang terbakar sekitar 1,2 hektare.

Masih satu kecamatan dengan Desa Kayu Bawang, karhutla juga terjadi di Desa Pematang, dengan vegetasi yang terbakar jerami padi pada lahan persawahan.

“ Sebagian warga sudah ada yang panen tanaman padinya, sehingga jerami yang kering itu sangat mudah terbakar,” ucap Warsuta Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar.

Warsita menyebut selain tim gabungan BPBD, penanganan kobaran api di lahan persawahan tersebut pihaknya juga dibantu oleh warga setempat yang tergabung dalam Anggota Kerukunan Gambut. 1 jam berjibaku melakukan pemadaman, tim gabungan berhasil meminimalisir jumlah luasan lahan yang terbakar, yakni sekitar 1,7 hektare.

Sementara karhutla yang terjadi pada waktu bersamaan juga terjadi di Desa Abumbun Jaya Kecamatan Sungai Tabuk. Tim gabungan BPBD, BPK swasta, EBR, PMI, RAPI, TAGANA, POLRI, dan warga setempat lakukan penanganan dengan peralatan yang sudah disiapkan.

Tim gabungan lakukan penanganan dari pukul 11.30 dan berakhir 16.30 Wita. Luasan lahan yang ditumbuhi semak belukar tersebut hangus sekitar 5 hektare.

 

 

Reporter : Andri

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra