Kloter BDJ 16 Ziarah ke Ma’la Lanjut ke Thawaf Wada

184

 

Kloter BDJ 16 (HST, HSS, TAPIN, BANJAR) melakukan ziarah ke Ma’la ke makam Saidinatina Khadijah Al Kubra, makam Sayyid Abuyya Al Maliki, Syekh Yasin Al Fadani, KH Maimun Zubair, KH. Abdullah Siraj, KH. Muhammad Fadelan Asy’ari, Syekh Nawawi Al Bantani, Habib Abdul Kadir Assegaf, Habib Salim Asy Syatiri dan makam para Habaib dan Aulia lainnya yang terdapat di makam Ma’la tersebut. Sabtu (22 Juli 2023).

 

Salam ziarah, Tawassul, bacaan Fatihah 4 dan dzikir dipimpin oleh PHD Layanan Umum Tuan Guru KH. Naufal Muhammad Rosyad dan do’a oleh PHD Pembimbing Ibadah H.Masruri.

 

Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Thawaf Wada’ ke Masjidil Haram.

Tuan Guru KH. Naufal Muhammad menjelaskan sebelum melaksanakan Rhwaf Wada’, terlebih dahulu rombongan jemaah berziarah ke Maqbarah Ma’la dimana terdapat makam Ummul Mu’minin Sayyidah Khadijah Al Kubra dan para Aulia,

 

“Kami bertawassul, berdzikir, dan munajat memohon kepada Allah SWT dengan perantaraan mereka sesuai faham kita kaum Nahdhiyyin/Ahlussunnah Wal Jama’ah, semoga Allah memberikan keselamatan, kesehatan, dan keberkahan serta kemabruran amal ibadah haji semua dengan barokah mereka” Tuan Guru H. Naufal mendoakan.

H. Masruri selaku Pembimbing Ibadah Haji, saat ziarah ke makam Syekh Nawawi Al Bantani memberikan penjelasan kepada jema’ah, bahwa Syekh Nawawi Al Bantani adalah salah seorang Imam Besar di Mesjidil Haram pada zamannya, tokoh ulama asal Indonesia yg mendunia sehingga sampai bergelar Syekh Nawawi Ats Tsani ( Imam Nawawi Ke-dua).

 

“Beliau sangat produktif dalam menulis kitab-kitab kuning pada berbagai bidang ilmu agama yang diajarkan di pondok – pondok pesanterin dan juga di pengajian Abah Guru Sekumpul. Karya tulis beliau mencapai kurang lebih 115 buah kitab, diantaranya : Kitab Tafsir Marahul Labid, Kitab Hadits Arba’in, Kitab Fikih Nihayatuz Zain, Kitab Tasawuf Maraqibul Ubudiyah,dan lainnya”jelas H.Masruri.

 

Pembimbing Ibadah Haji Kloter BDJ 16, Nahdatul Husna menyatakan bahwa Kloter BDJ 16 semula berjumlah 327 orang, yang melakukan Thawaf Wada’ sebanyak 323 orang, yang tidak melaksanakan Thawaf sebanyak 3 orang karena masih sakit di Rumah Sakit Arab Saudi dan Klinik Kesehatan, dan 1 orang meninggal dunia.

Salah seorang warga Desa Hamayung Nagara Kabupaten HSS Fendi yang tergabung dalam kloter BDJ 16 mengucapkan terimakasih kepada Petugas Kloter BDJ 16 yang selalu membersamai dan mengayomi jemaah di setiap kegiatan di tanah suci Mekah,

“Kami merasa puas dan bahagia dengan adanya penjelasan-penjelasan tentang tempat makam Sayyidatina Khadijah, makam para habaib dan para aulia di Ma’la, serta adanya penjelasan tentang historis Masjid Jin dan Masjid Syajarah, yang sebelumnya kami para jemaah belum mengetahui tentang hal itu semua” ungkap Fendi.

 

Rilis : H. Masruri