Lahan 8 Hektare di Gudang Tengah Hangus  

36

SUNGAI TABUK,- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi dan menghanguskan 8 hektare lahan di Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Jumat (15/9/2023) siang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Kabupaten Banjar Warsita mengatakan,  Api yang membakar lahan sawah dan semak belukar dibawah cuaca menyengat tersebut ditangani oleh tim gabungan, setelah menerima laporan.

” Tim gabungan di posko penanggulangan bencana karhutla dan kekeringan langsung ke lokasi lengkap dengan peralatan. Dari laporan yang ada, sekitar 8 hektare yang terbakar lahannya. Sementara untuk kecamatan lainnya aman,” ujarnya.

Tim gabungan terdiri dari BPBD Kabupaten Banjar, Tagana, TNI, Polri, PMI, EBR, RAPI dan BPK swasta berjibaku melakukan pemadaman.

Tiupan angin cukup kencang membuat api menyebar luas hingga ke tengah lahan. Tim gabungan mulai lakukan pemadaman pada pukul 14.00 Wita, dilengkapi dengan sarana 1 unit mobil pick up, 1 truk tangki, 2 mesin alkon dan 4 rol selang. Proses pemadaman berakhir pada pukul 17.00 Wita atau 3 jam penanganan.

Sebelumnya, Kamis (14/9/2023) malam, karhutla juga terjadi dan mendekati permukiman warga di desa Gudang Tengah tersebut. Tepatnya di Jalan Martapura Lama, Gang Gatot RT 6. Namun kobaran api yang membakar semak belukar cepat dikendalikan oleh sejumlah BPK dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 1 hektare.

 

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra