Berita

Lahan di Martapura Timur dan Barat Terbakar

MARTAPURA,- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di penghujung bulan Oktober ini. Karhutla terjadi di Desa Melayu Ilir Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar, Selasa (31/10/2023) siang.

Kobaran api yang ditiup angin cukup kencang membuat pepohonan di seberang jalan desa ikut terbakar. Kobaran api cukup tinggi membuat warga setempat ketakutan. Warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya dan meminta pertolongan melalui video amatirnya.

” Tolong apinya menyebelah (Red=ke seberang)” ucap salah satu warga setempat dalam video tersebut.


Tim gabungan BPBD Banjar yang mendapat laporan tersebut langsung merespon dan turun ke lokasi untuk melakukan pemadaman pada api yang membakar vegetasi semak belukar dan pepohonan.

Tim gabungan terdiri dari BPBD, PMI, EBR, RAPI, BPK Kulawarga, BPK Combat dan Polsek Martapura Timur berhasil padamkan api setelah 1 Jam lebih lakukan penanganan. Sementara luasan lahan yang terbakar sekitar 1 hektare.

Di lokasi lainnya tim gabungan BPBD Banjar juga lakukan penanganan karhutla di Desa Sungai Rangas Kecamatan Martapura Barat dengan luasan 1 hektare.

 

Reporter : Paris
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Terbaru

Bupati Banjar Berikan Penghargaan Kepada 4 Kampung Iklim

Radio Suara Banjar

18 Pasangan Nikah Isbat di Pingaran

Radio Suara Banjar

Hari Jadi ke 72, Panitia Laporkan Berbagai Persiapan

Radio Suara Banjar