Optimalkan ZIS Dari ASN

144

BANJARBARU,- Ada dua hal yang harus dicermati, yakni capaian kinerja Baznas dalam pengumpulan ZIS dan sinkronisasi bantuan rehab rumah warga antara program Kotaku yang dilakukan DPRKPLH, program Rutilahu oleh Dinsos P3AP2KB serta program bedah rumah oleh Baznas.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri saat membuka rapat koordinasi (rakoor) zakat, infak, sedekah (ZIS) Lingkup Kabupaten Banjar yang diselenggarakan oleh Bagian Kesra Setda Banjar, bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serta SKPD Banjar,  di Grand Dafam Syariah Banjarbaru, Selasa (15/11/2022) pagi.

Menurutnya, terkait peningkatan kinerja pengumpulan ZIS, bisa terus mencermati perkembangan selama 5 tahun terakhir dari 2017 hingga 2021. Perkembangan dapat dibandingkan dengan pengumpulan ZIS dari Baznas daerah tetangga seperti HSS, Banjarbaru, Banjarmasin dan lainnya.

” Hal ini tentunya merupakan tantangan bagi kepemimpinan baru, saya yakin kepengurusan 2022-2027 bisa meningkatkan pengumpulan ZIS dengan jangkauan lebih luas, tidak hanya mengandalkan atau bertumpu pada ZIS ASN saja, namun dapat menggali potensi ZIS dari lingkup luas ASN,” ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh Kepala SKPD atau instansi vertikal untuk menyatukan langkah dan mengoptimalkan pengumpulan ZIS seluruh ASN melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) masing-masing ke Baznas secara rutin setiap bulan.

Sementara Ketua Baznas Banjar Nuryadi mengatakan, sejauh ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinsos P3AP2KB untuk menyalurkan bantuan kepada penerima yang berhak atau kaum dhu’afa.

” Terkadang masalah bantuan ini banyak yang mampu mengaku tidak mampu, itu yang kita cek dengan benar karena dana yang disalurkan juga terbatas agar tidak salah sasaran,” imbuhnya.

Ia menambahkan pihaknya telah bersilaturrahmi ke beberapa dinas yang ada di Kabupaten Banjar agar pada tahun 2023 dan seterusnya pengumpulan ZIS para ASN terus meningkat.

Rakoor tersebut juga dihadiri berbagai pihak, yakni Pengadilan Agama, Kemenag, Kabag Kesra dan Ekonomi serta Ketua Forum Camat Lingkup Pemkab Banjar.

Reporter : Rifki Zidane
Editor : Ronny Lattar