PBFI Banjar Optimis Raih Emas di Porprov HSS

194

MARTAPURA,- Kepengurusan Persatuan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI) Kabupaten Banjar resmi terbentuk pada 8 September 2021 dan saat ini menyiapkan atletnya menghadapi kejuaraan Pekan Olah Raga Provinsi XI (Porprov) yang akan dihelat Nopember mendatang di Kandangan Hulu Sungai Selatan.

Dijelaskan Ketua Umum PBFI Kabupaten Banjar Agus Siswanto, di sesi talkshow di Radio Suara Banjar, Kamis (08/09/2022 ) pagi, pihaknya melakukan persiapan latihan sedini mungkin apalagi dalam cabang olahraga Binaraga dan Fitnes ini memang diperlukan durasi latihan yang tidak sebentar.

“Layaknya sebagai cabang olahraga baru kami juga melakukan konsolidasi dan menghimpun kembali atlet yang ada di Kabupaten Banjar dengan swadaya atlet dan para simpatisan,” ujarnya.

Pada tahun lalu lanjut Agus di Kejurprov di Banjarmasin menurunkan 9 atlet terbaiknya untuk berlaga dan mampu meraih beberapa prestasi.

” Terkhusus kami mengucapkan terimakasih kepada Bupati Banjar H Saidi Mansyur dengan partisipasinya menyumbangkan dana secara pribadi di kejuaraan tersebut,” ungkap Agus.

Agus juga mengatakan pihak Pemkab Banjar juga mensuport keberadaan cabang olahraga ini melalui KONI Banjar dengan memberikan dana untuk menghadapi kejuaraan Porprov mendatang, dan ia yakin hasil terbaik akan dapat diraih di ajang tersebut.

Dijelaskan Agus jika fitnes saat ini bukan saja menjadi cabang olahraga tapi juga menjadi sebuah gaya hidup.  Karena anak muda sekarang sadar akan kesehatan dan sadar akan bentuk fisik yang bagus. Selain itu kemajuan media visual dan medsos serta pengetahuan makanan dan gizi yang baik, menjadikan ke arah prestasi yang lebih bagus.

Sesi talkshow ini juga menghadirkan Indra Ansyori Atlet Binaraga dan Fitnes yang menjelaskan, banyak hal dilakukan oleh atlet fitnes dalam pola latihan termasuk menjaga pola makan, misal dalam fase dua bulan sebelum Porprov maka diterapkan pola makan surplus kalori dalam artian terkontrol lauknya.

” Sebenarnya khusus untuk fitnes sendiri jika rutin kita lakukan dan juga dengan menjaga pola makan maka dalam 2 atau 3 bulan sudah dapat kelihatan hasilnya, tentu disini diperlukan kedisiplinan kita sendiri untuk menjaga berat tubuh. Istrihat yang berkualitas dan hindari mood yang kurang baik, inilah yang menjadi tentangan tersendiri bagi atlet dalam mempersiapkan diri ke Porprov nantinya,”ujar Indra.

Indra sendiri mengaku sudah 12 tahun melakukan latihan rutin fitnes, dan tetap menjaga pola makan serta kebutuhan suplemen, seperti susu yang merupakan suplemen terbaik bagi atlet Binaraga dan Fitnes.

Agus dan Indra bertekad melalui PBFI Banjar dapat memberikan yang terbaik di kejuaraan tingkat provinsi tersebut dan siap membawa medali emas bagi Kabupaten Banjar. Latihan intens dilakukan enam hari dalam seminggu baik pagi dan sore hari serta disuport penuh oleh KONI maupun Disbudporapar sebagai leading sektor semua kegiatan keolahragaan di Kabupaten Banjar.

Reporter : Akhmad Effendy
Editor : Ronny Lattar