Berita

Pembinaan Lebih Serius, Perpustakaan di Kabupaten Banjar Didata

MARTAPURA,- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar memfasiltasi kegiatan Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendataan Perpustakaan, di Aula Barakat Martapura, Rabu (13/9/2023) pagi.

 

Kegiatan dibuka Bupati Banjar diwakili Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhani, dihadiri perwakilan Dispersip Provinsi Kalsel dan peserta bimtek.

Kepala Dispersip Kabupaten Banjar Tofik Norman Hidayat menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program Dispersip Provinsi Kalsel dan Kabupaten Banjar yang kedelapan dari seluruh kabupaten/kota di Kalsel.

 

” Diharapkan dari kegiatan nantinya semua perpustakaan di Kalsel akan terdata sehingga akan kelihatan perpustakaan mana yang aktif, mana yang perlu dilakukan pembinaan lebih serius lagi perpustakaan yang tahapnya dari awal. Ini akan bermanfaat bagi Kabupaten Banjar dimana nantinya semua perpustakaan di Kabupaten Banjar akan dilakukan pendataan terkait akreditasi perpustakaan,” jelas Tofik.

 

Ia menambahkan semua layanan publik termasuk perpustakaan mempunyai standar akreditasi. Untuk perpustakaan dikeluarkan oleh Perpusnas dengan beberapa kriterianya, seperti bagus dan awal yang akan terlihat datanya dari kegiatan ini.

Sambutan tertulis Bupati Banjar yang dibacakan Rakhmat Dhani menyampaikan, Pemkab Banjar sangat mendukung kegiatan karena dapat memperbaiki dan memperbaharui data perpustakaan yang ada di Kabupaten Banjar. Pendataan yang akurat akan menjadi dasar penting dalam pembinaan perpustakaan.

 

” Perpustakaan yang sesuai standar Perpusnas keberadaanya akan teridentifikasi nantinya perpustakaan akan memiliki nomor pokok perpustakaan yang akan menjadi prioritas penerima program pembinaan dan pengembangan perpustakaan serta berhak memasang NPD pada papan nama perpustakaan,” ujar Rakhmat Dhani.

Kegiatan diikuti 50 peserta perwakilan pengelola perpustakaan di 16 kecamatan di Kabupaten Banjar. Bimtek ditandai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis oleh Rakhmad Dhani.

 

 

Reporter : Akhmad Effendy

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra

Terbaru

Peringatan Isra Miraj di Pasar, Bupati Harapkan Rutin Digelar

Radio Suara Banjar

Bupati Banjar Tunjuk Aidil Basith Sebagai Plt Kasatpol PP Banjar

Radio Suara Banjar

Pemkab Banjar Terima Hibah BMN Dari Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR

Radio Suara Banjar