Pemkab Banjar Apresiasi Harlah Dua Dekade Sanggar Ar-Rumi

112

 

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar mengapresiasi kegiatan Ar-Rumi Fest dalam rangka Harlah Dua Dekade Sanggar Ar-Rumi IAI Darussalam Martapura, yang digelar dari 13 – 15 Maret 2023.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Banjar melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Rakhmat Dhany, saat membuka resmi kegiatan, di halaman Kampus IAI Darussalam Martapura, Senin (13/3/2023) sore.

“Pemkab Banjar sangat mengapresiasi kegiatan Sanggar Ar-Rumi ini, karena jadi motivasi positif bagi pemuda untuk selalu mempelajari budaya lokal.
Kita patut bersyukur dengan keberagaman seni budaya lokal kita yang sarat dengan nilai-nilai moral, budi pekerti, dan kearifan lokal yang diwariskan nenek moyang,” ujarnya.

Adanya Sanggar Ar-Rumi dengan segala kegiatannya ini, turut berkontribusi dalam melestarikan seni budaya.


“Kita sangat ingin ragam seni budaya Banjar seperti mamanda, hadrah, musik panting, madihin, balamut, dan sebagainya semakin dikenal luas. Seni budaya Banjar ini harus kita kembangkan dan lestarikan bersama,” tuturnya.

Ia berharap, Sanggar Ar-Rumi terus memajukan seni budaya Banjar, mengukir dengan karya-karyanya yang berkualitas, dan akan lebih banyak lagi kelompok- kelompok seni budaya lainnya.

Sementara, Ketum Sanggar Ar-Rumi Rohasdi mengatakan, kegiatan Harlah tahun ini digelar lebih meriah dari biasanya, dengan rangkaian acara selama tiga hari tiga malam.
Pihaknya mengadakan bazar UMKM dengan panggung apresiasi dari berbagai kelompok seni kampus maupun umum di Kalsel, serta beberapa lomba rakyat.

Sementara malam puncaknya pada Rabu malam nanti para anggotanya memberikan persembahan pementasan bertajuk Sanggar Ar-Rumi Dua Dekade Berkarya dengan harga tiket masuk Rp. 15.000,-.

 

Rilis
Editor : Ronny Lattar
Uploader ; Suhendra