Pemkab Banjar Ikuti Rakoor Pemantapan Pilkada Serentak 2024

94

MARTAPURA,- Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum  Kemendagri RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) Perencanaan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 via zoom meeting, Jumat (12/5/2023) pagi.

Rakoor dibuka oleh Plh Sekretaris Direktur Jenderal Politik dan PUM Kemendagri Risnandar Mahiwa dan  diikuti Pemkab Banjar melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri beserta instansi terkait lainnya, di Command Center Manis Martapura.


Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat menerangkan, tentang isu strategis dalam tahapan pemilu nantinya, ia menyarankan perlu disusun roadmap persiapan pemilu dan pilkada serentak tahun  2024, agar tercipta pemahaman bersama. Juga peran pemerintah dan Pemda setempat dalam memperhatikan dan melakukan tupoksi sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Sementara itu Deputy Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Scenaider Siahaan menekankan, bahwa seluruh tahapan pemilu 2024 ditetapkan menjadi prioritas nasional.

” Tahun 2023 dan 2024 telah dialokasikan anggaran dukungan tahapan pemilu di KPU dan Bawaslu. Serta diperlukan penguatan sinergitas antar penyelenggara agar terjadi sinkronisasi perencanaan dan penganggaran serta monitoring dan evaluasinya,” ungkapnya.


Sedangkan Direktur Perencanaan  Evaluasi dan Informasi Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI Iwan Kurniawan memaparkan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2024 terhadap 8 arah kebijakan, salah satunya pelaksanaan pemilu 2024.

 

” Diantaranya mendorong terwujudnya  tahapan pemilu/Pemilukada sesuai jadwal, meningkatkan/ mengamankan kualitas penyelenggaraan pemilu, mendukung penyelenggara pemilu di luar negeri dan Ditjen Bina Pembangunan Daerah akan mengawal  substabsi arah kebijakan perencanaan pilkada serentak sampai dengan Rapermendagri ditetapkan menjadi Permendagri tentang pedoman penyusunan RKPD tahun 2024,” pungkasnya.

Reporter : Fuad Rivan
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra