Peran Orang Tua dan Guru Dalam Pilah Sampah Sejak Dini

58

 

MARTAPURA,- Anak-anak juga harus tahu bahwa sampah ada berbagai macam, kemudian belajar sedari dini mengenai pilah sampah yang dimulai dari orang tua untuk memberikan contoh sebagai pembiasaan bagi si anak.

 

Hal tersebut dikatakan Pendongeng dari Kampung Dongeng Intan Kalsel Bunda Enik Mintarsih, pada program siaran Bijak Kelola Sampah (Bakisah) di Radio Suara Banjar Kamis ( 22/06/2023 ) pagi.

Bunda Enik menambahkan,  cara lain untuk mengedukasi anak tentang pilah sampah yaitu dengan cara bermain seperti kesukaannya. Dengan cara seperti itu anak tidak merasa seperti disuruh karena permainan yang cukup menyenangkan mereka.

 

“Misal ketika kita di dapur, anak libatkan saja ketika kegiatan masak-memasak. Disinikan pasti ada sampah ketika sudah selesai, lalu si orang tua mengajarkan pilah sampah tadi kepada si anak untuk memisahkan sampah yang ada,” ujar Bunda Enik.

 

Bunda Enik menilai peran lembaga pendidikan di Kabupaten Banjar sudah cukup baik dan maksimal dalam menanamkan pengetahuan pilah sampah kepada anak sedari dini. Terlihat dari beberapa lembaga pendidikan dengan predikat sekolah Adiwiyata. sudah tentu lanjut Enik sekolah tersebut memperhatikan faktor kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah yang baik serta pemilahan sampah yang sudah diajarkan kepada semua murid.

“Intinya jika di rumah kita punya anak usia dini mulai sekaranglah kita berikan edukasi pilah sampah itu, anak usia satu tahun sebenarnya sudah bisa kita didik, kita ajarkan pilah sampah, namun pastinya kembali lagi diingat si orang tua harus menjadi contoh bagi si anak, kemudian nanti di sekolah gurunya lagi mengajarkan, jadi disini saling keterkaitan karena semua berperan dalam pemahaman pilah sampah untuk anak usia dini ini,” pungkasnya.

 

 

 

Reporter : Akhmad Effendy

Editor : Ronny Lattar

Uploader : Suhendra