Perkuat Sektor Ekonomi dan Pertanian Masyarakat, PT BBP-PT MAS Lakukan MoU Dengan ULM

144

Banjarbaru,- Dalam rangka perkuat sektor ekonomi dan pertanian masyarakat, PT Banjar Bumi Persada (BBP) dan PT Mitra Agro Semesta (MAS) bersama Universitas Lambung Mangkurat (ULM) lakukan sinergi dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU), Rabu (15/3/2023).

Kerja sama yang dijalin dengan ULM salah satunya di bidang ekonomi dan pertanian yang menjadi pilar Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) aspek 3 (mendorong pendapatan riil dan pekerjaan) serta aspek 4 (kemandirian ekonomi).

Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad mengaku menyambut baik adanya MoU bersama ini sebagai bentuk kerja sama dan sinergi, kolaborasi dengan adanya kurikulum merdeka, merdeka belajar kampus merdeka.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk program unggulan dari kebijakan “merdeka belajar” Kemendikbud RI yang tentu saja membangun integritas perguruan tinggi dan mahasiswanya menjadi lebih kompetitif,” ujar Ahmad.

Menurut Ahmad, MoU ini bisa menjadi dasar untuk mendorong mahasiswa, khususnya dalam mengembangkan ekonomi dan pertanian bagi masyarakat termasuk teknologinya. Dengan ini nanti mahasiswa bisa melakukan kegiatan bersama perusahaan dan masyarakat seperti parktik kerja, penelitian/riset, asistensi, proyek kemanusiaan, wirausaha, proyek independen hingga Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT).

Ia menambahkan kerja sama ini dimaksudkan sebagai bentuk kolaborasi antara private sector dan akademisi yang bertujuan untuk mendorong pengembangan pertanian, ekonomi dan agrotourism yang nanti akan dikembangkan di sekitar tambang menggandeng ULM ini ditandai untuk kerjasama kedepan agar lebih banyak lagi manfaat yang dapat dirasakan masyarakat.

Hal senada juga dikatakan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama ULM Dr Yusuf Aziz bahwa, ULM memiliki keunggulan untuk bidang pertanian, ada 7 program studi yakni Agroekoteknologi, Agribisnis, Peternakan, Teknologi Industri Pertanian, Ilmu Tanah, Proteksi Tanaman dan Agronomi, sehingga ini menjadi peluang dalam pengembangan ekonomi melalui pertanian dengan lulusan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan lokal dan nasional.

Sementara Public Relations PT BBP-PT MAS, Nor Qomariyah mengungkapkan, ini adalah kali kedua PT BBP-PT MAS menandatangani MoU bersama dalam bidang PPM. Sehari sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan penandatanganan MoU untuk membangun kolaborasi dan sinergi dengan SMKN 1 Simpang Empat di bidang multimedia, otomotif hingga prakerin.

“Dengan hadirnya kolaborasi bersama antara PT BBP-PT MAS bersama ULM, melalui pertanian hingga tekonologinya diharapkan mampu mendorong ekonomi masyarakat dengan capaian secara terukur dan lebih sustainable secara jangka panjang,” harap Nor.

Hadir dalam penandatanganan MoU tersebut, mewakili Direktur PT MAS-PT BBP Riptianto Eko Laksono dan jajaran ULM.

 

Reporter : zidan
Editor : andri
Uploader : hendra