Siaga Banjir, Perahu Fiber Siap di Pengaron

83

PENGARON,- Warga Desa Pengaron Kabupaten Banjar mendapatkan bantuan satu unit perahu fiber dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia, Kamis (13/07/2023) pagi.

Bantuan tersebut diserahkan simbolis oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Syaifullah Tamliha kepada Pambakal Desa Pengaron, Supiannoor, disaksikan perwakilan BNPB, Asisten Bupati Banjar Bidang Administrasi Umum, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar, Camat Pengaron, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.


Syaifullah Tamliha mengatakan, bantuan perahu karet tersebut merupakan hasil tindak lanjut dari reses masyarakat pengaron beberapa waktu lalu. Dirinya menyebut ini merupakan bentuk tanggung jawab sebagai wakil rakyat, terlebih ketika aspirasi tersebut masuk dan sampai kepada dirinya.

Syaifullah menyebutkan perahu yang diberikan BNPB ada 5 (lima) unit dan 3 (tiga) unit diantaranya terbagi di wilayah Kalimantan Selatan, yakni Desa Tunggul Irang, Desa Pengaron, dan Balangan.

“ Ulun (Red-Saya) titipkan perahu kepada pian dan ulun minta untuk dijaga agar dapat bermanfaat,” ujarnya.


Sementara itu, Camat Pengaron Alipudin mengatakan di wilayah kerjanya ada lima desa yang rentan terhadap bencana banjir, sehingga dengan adanya bantuan perahu dapat menambah kesiagaan dan memudahkan evakuasi jika terjadi banjir.

“Bantuan perahu ini akan kami standby kan di rumah pambakal Desa Pengaron, sehingga apabila terjadi banjir dapat langsung digunakan,” ucapnya.

Reporter : Bagus F
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra