Wabup Banjar Terima Sertifikat Aset Milik Pemerintah Dari Menteri ATR/BPN

67

BANJARBARU,- Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie menerima secara simbolis sertifikat tanah instansi pemerintah oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto, di Gedung Idham Khalid, Banjarbaru, Kamis (13/7/2023).

Menteri ATR/Kepala BPN menyerahkan 1.055 sertifikat aset milik pemerintah di Kalimantan Selatan (Kalsel). Penyerahan sertifikasi aset merupakan perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mengantisipasi penyalahgunaan aset yang berakibat pada permasalahan hukum.

” Sertifikat ini diharapkan dapat memberi rasa aman dan kepastian hukum hak atas tanah, aset-aset Barang Milik Daerah (BMD) maupun aset Barang Milik Negara (BMN),” ucap Hadi.

Dihadapan para kepala daerah se Kalsel, Ia juga mengajak pemerintah daerah untuk menyelesaikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk menarik investor masuk ke banua.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor sampaikan apresiasinya atas dukungan Presiden Jokowi dalam mendorong penataan aset di Kalsel mengakselerasi legalitas tanah di banua.

Adanya sertifikat tanah tersebut lanjut Sahbirin, diharapkan pemerintah daerah dapat melakukan penggunaan yang lebih tepat dan efektif sesuai dengan kebutuhan pembangunan daerah.

Data dari Kantor Wilayah ATR BPN Kalsel tercatat 75 persen tanah di Kalsel sudah terdaftar, dan yang sudah bersertifikat sebanyak 54 persen.

Rilis : Prokopim
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra